Sejarah Hari Gizi dan Makanan di Indonesia, hingga Tokoh Pencetusnya

Tifani
Oleh Tifani
26 Januari 2023, 19:45
Ilustrasi Sejarah Hari Gizi dan Makanan
Freepik
Ilustrasi Sejarah Hari Gizi dan Makanan

Hari Gizi dan Makanan Nasional diperingati masyarakat Indonesia pada 25 Januari setiap tahunnya. Perayaan tersebut merupakan momentum untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pemenuhan gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan.

Sejarah Hari Gizi dan Makanan di Indonesia

Makanan sehat
Makanan sehat (pexels.com)

Dihimpun dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, sejarah Hari Gizi dan Makanan Nasional berawal dari upaya perbaikan gizi masyarakat Indonesia yang telah dimulai sejak 1950-an. Pada saat itu, Menteri Kesehatan dr, J Leimena mengangkat Prof. Poorwo Soedarmo sebagai Kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR).

Tepat pada 25 Januari 1951, LMR resmi mendirikan Sekolah Djuru Penerang Makanan yang kemudian menjadi lembaga pengkaderan tenaga gizi di Indonesia. Sejak saat itu, pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat dan melahirkan banyak perguruan tinggi.

Tanggal terbentuknya Sekolah Djuru Penerang Makanan pun resmi diperingati sebagai Hari Gizi dan Makanan Nasional. Peringatan pertama hari penting tersebut diselenggarakan oleh LMR pada pertengahan 1960-an.

Peringatan Hari Gizi dan Makanan Nasional terus berlanjut meskipun telah diambil alih oleh Direktorat Gizi Masyarakat di tahun 1970-an. Hingga saat ini, Hari Gizi dan Makanan Nasional masih diperingati dan dijadikan agenda resmi Kementerian Kesehatan RI.

Tujuan Diperingati Hari Gizi dan Makanan

Ilustrasi Makanan Sehat untuk tips pola makan diet sehat
Ilustrasi Makanan Sehat untuk tips pola makan diet sehat (Katadata)

Tujuan utama peringatan Hari Gizi dan Makanan Nasional adalah untuk menggalang kepedulian serta meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama membangun kesadaran akan pentingnya gizi agar menjadi bangsa sehat yang berprestasi.

Melalui peringatan Hari Gizi dan Makanan Nasional, masyarakat diharapkan lebih peduli dan mau berpartisipasi dalam pemenuhan gizi seimbang serta produksi pangan berkelanjutan.

Tidak hanya itu, peringatan Hari Gizi dan Makanan Nasional juga dijadikan momentum untuk mengampanyekan program Indonesia Sehat yang fokus pada upaya preventif dan promotif beberapa masalah kesehatan

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...