Pilihan Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang Untuk Konsumsi Sehari-hari

Siti Nur Aeni
5 Agustus 2021, 16:06
Ilustrasi makanan sehat yang bisa dikonsumsi sehari-hari
pexels.com
Ilustrasi makanan sehat yang bisa dikonsumsi sehari-hari

Konsumsi makanan sehat merupakan sebuah kebutuhan dan keharusan agar tubuh tetap sehat. Dengan begitu, tubuh dapat menjalankan aktivitas dengan baik.

Makanan yang sehat juga akan membuat fungsi organ tubuh tetap terjaga dengan baik. Pilihan makanan sehat sebenarnya sangatlah banyak. Berikut ini daftar dan penjelasannya. 

Makanan Sehat dan Bergizi

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung nutrisi yang beragam dan lengkap sesuai dengan kebutuhan tubuh. Gizinya harus lengkap dan memiliki kandungan karbohidrat, protein, vitamin, serat, mineral, lemak, dan air dengan jumlah yang cukup.

Ragam makanan sehat dan bergizi saat ini sudah banyak, bahkan mudah saja ditemukan. Berikut ini penjelasan mengenai kriteria untuk makanan sehat dan bergizi yang harus ada dalam konsumsi makanan harian:

1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi atau sumber tenaga untuk tubuh. Kalori tubuh setiap harinya sebagian besar berasal dari karbohidrat. Tak hanya berasal dari nasi, nutrisi ini juga berasal dari gandum, jagung, ubi, kentang, ataupun singkong.

2. Protein

Selain butuh karbohidrat, tubuh juga membutuhkan protein agar bisa terus aktif. Fungsi dari protein di dalam tubuh yakni untuk membangun otot, organ tubuh, kulit dan juga rambut. Protein ini terbagi menjadi dua jenis yakni protein hewani dan protein nabati. Protein hewani bisa berasal dari ayam, daging merah, dan ikan. Sedangkan protein nabati bisa berasal dari tempe, tahu, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

3. Lemak

Makanan sehat dan bergizi juga harus memiliki lemak yang cukup untuk tubuh. Lemak inilah yang menjadi sumber energi yang dibutuhkan tubuh. Namun, lemak tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih karena bisa mengakibatkan gangguan kesehatan seperti obesitas. Lemak terbagi atas lemak jenuh dan tak jenuh. Lemak jenuh berasal dari daging, kelapa, susu. Sedangkan lemak tak jenuh berasal dari ikan, alpukat, dan kacang.

4. Vitamin

Vitamin membuat tubuh tetap fit dan imunitas terjaga. Sumber vitamin bisa diperoleh dari sayur dan buah. Selain itu, tubuh juga sebenarnya bisa memproduksi vitamin sendiri, seperti vitamin D misalnya yang bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Hanya saja untuk mengaktifkan vitamin D dalam tubuh butuh perlakukan khusus seperti berjemur di pagi hari.

5. Mineral

Mineral juga dibutuhkan oleh tubuh agar tetap berfungsi dengan baik. Mineral bisa diperoleh dari berbagai sayuran hijau dan makanan laut, seperti ikan dan lobster. Mineral-mineral yang dibutuhkan oleh tubuh diantara zat besi, zinc, kalsium, klorida, selenium, kalium, magnesium, tembaga, dan iodine.

6. Serat

Makanan sehat bergizi juga harus mengandung serat yang cukup. Serat dibutuhkan tubuh untuk menjaga proses pencernaan. Serat terbagi menjadi serat larut dan serat tak larut. Anda bisa mendapatkan serat dari berbagai buah dan sayur hijau, seperti bayam, buncis, dan kangkung.

7. Air

Tubuh manusia tersusun dari air hingga 60%. Air yang baik dikonsumsi setiap harinya yaitu air putih. Setidaknya tubuh membutuhkan delapan gelas air putih atau sekitar 2 liter air. Kekurangan air akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti sembelit hingga batu ginjal.

Makanan Sehat yang Simpel

Terkadang banyak orang yang masih bingung bagaimana cara membuat makanan sehat. Padahal, untuk mendapatkannya tidak perlu diolah dengan rumit. Bahkan siapa saja juga bisa membuat makanan yang sehat dan simpel. Berikut ini kami berikan beberapa pilihan makanan sehat sebagai referensi.

1. Roti panggang dan telur

Makanan ini bisa dikonsumsi di pagi hari. Roti  berperan sebagai sumber karbohidrat sedangkan telur menjadi sumber protein. Jika  sedang menjalankan program diet, maka anda Anda bisa menggunakan roti gandum. Anda juga dapat menambahkan sayuran seperti selada atau tomat untuk menambah vitamin dan serat.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...