10 Aplikasi Edit Video untuk YouTube Terbaik bagi Pemula

Aplikasi edit video untuk YouTube menjadi hal penting bagi para YouTuber. Jika Anda konten creator YouTube, berikut rekomendasi aplikasi yang cocok untuk Anda gunakan.
Image title
2 Desember 2021, 16:39
10 Aplikasi Edit Video untuk YouTube Terbaik dan Mudah Digunakan
pexels.com
Ilustrasi mengedit video untuk konten YouTube

Aplikasi edit video untuk YouTube menjadi modal penting bagi para YouTuber. Aplikasi edit video akan membuat tampilan video lebih menarik. Aplikasi edit video juga akan membuat konten yang Anda unggah telihat lebih profesional.

Maka dari itu, untuk mengedit video YouTube, Anda perlu memiliki aplikasi edit video yang tepat. Apa saja aplikasi untuk mengedit video YouTube? Berikut daftarnya.

1. Corel Video Studio

Rekomendasi aplikasi edit video untuk YouTube pertama yang bisa Anda gunakan adalah Corel Video Studio. Aplikasi ini cukup populer di kalangan YouTuber.

Corel Video Studio memiliki banyak fitur seperti transisi video, backsound, efek, hingga filter. Anda juga bisa menggunakan tamplate opening video dari aplikasi ini secara gratis.

Advertisement

Aplikasi ini memiliki tampilan antar muka yang sederhana, sehingga untuk para pemula tak perlu khawatir, sebab aplikasi ini mudah digunakan.

2. iMovie

iMovie merupakan aplikasi edit video untuk YouTube terbaik, yang dikeluarkan oleh Apple. Jadi, Anda pengguna iOS bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengedit konten video yang akan diunggah di YouTube.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka Anda akan dengan mudah melakukan sinkronisasi dengan perangkat Apple yang digunakan. Jadi pekerjaan mengedit Anda bisa lebih cepat dan praktis.

Aplikasi ini menyediakan berbagai template tema, filter, background, soundtrack, dan efek audio yang sangat beragam. iMovie juga mendukung pengeditan video green screen dan split screen. Aplikasi ini bahkan bisa membuat video trailer dari bermacam-macam tamplate dengan tampilan animasi yang menawan.

3. Adobe Premiere Elements

Pilihan aplikasi lain yang juga banyak digunakan para YouTuber yaitu Adobe Premiere Elements. Aplikasi edit video untuk Youtube ini memiliki fitur yang lengkap, serta artificial intelligence (AI) yang memudahkan Anda mengedit video otomatis.

Anda bisa mengguakan efek visual seperti slow motion, overlay, timelapse, bounce back, dan double exposure. Ada juga fitur fix action cam footage yang dapat membantu menstabilkan video Anda.

4. Adobe Premiere Pro

Aplikasi edit video untuk YouTube lainnya yaitu Adobe Premiere Pro. Aplikasi ini memiliki fitur editing yang lengkap, sangat cocok digunakan Anda yang mahir editing.

Fitur editing yang dimilikinya seperti low resolution, 8K sampai VR. Meski didesain untuk profesional, bukan berarti para pemula tidak bisa menggunakannya. Untuk para pemula tetap bisa berlatih mengedit video menggunakan aplikasi ini.

5. DaVinci Resolve

Aplikasi ini bisa Anda unduh gratis menggunakan perangkat Windows, MacOS, atau Linux. Walaupun gratis, namun DaVinci Resolve memiliki banyak fitur yang cocok untuk mengedit konten YouTube.

Beberapa fitur dari aplikasi edit video di laptop ini antara lain motion grapic, color corrector, visual effect, dan audio mixing. Aplikasi ini juga mendukung editing video dengan resolusi 8K.

6. Shotcut

Shotcut merupakan aplikasi edit video PC yang bisa diandalkan untuk memperindah tampilan konten YouTube. Shotcut memiliki fitur video editing dasar seperti cut, trim, pengaturan kecepatan, filter, dan efek.

Aplikasi tersebut juga mendukung multi track editing untuk editing video. Aplikasi ini bisa dipasang di perangkat milik Windows, MacOS, atau Linux.

7. Vimeo Create

Apliksi edit video terbaik lainnya yaitu Vimeo Create. Aplikasi ini cocok untuk pemula, sebab tampilannya sederhana dan mudah digunakan.

Meskipun sederhana, namun aplikasi ini cukup bisa diandalkan. Ada beberapa template yang dapat digunakan sebagai dasar editing video. Anda juga bisa menggunakan foto dan gambar gratis yang tersedia di aplikasi ini.

8. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio bisa menjadi pilihan aplikasi edit video untuk YouTube selanjutnya. Aplikasi ini bisa memudahkan Anda mengedit video dengan menggunakan tamplate yang variatif.

Bagi Anda YouTuber gaming, aplikasi ini cocok untuk digunakan sebab ada fitur screen recording. Pinnacle Studio dapat dipasang di perangkat Windows maupun MacOS.

9. Filmora

Filmora bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin mengedit video YouTube. Aplikasi ini hadir dengan tampilan sederhana dan fitur lengkap. Anda bisa mengedit video dengan resolusi 4K lebih.

Keunggulan lainnya dari aplikasi ini yaitu ada lebih dari 100 template efek transisi. Sehingga bagi Anda yang masih pemula, tak perlu bingung saat mengedit video dengan aplikasi ini.

Aplikasi edit video untuk YouTube ini juga hadir dengan versi khusus untuk smartphone, dengan nama aplikasi FilmoraGo. Jadi saat Anda tak bisa mengedit menggunakan laptop, Anda bisa beralih menggunakan FilmoraGo di ponsel.

10. KineMaster

Untuk mengedit video YouTube, Anda tak harus menggunakan PC atau laptop. Sebab, saat ini banyak aplikasi edit video untuk YouTube yang bisa diakses melalui Android, KineMaster salah satunya.

Aplikasi ini mudah digunakan dan tentu saja gratis. Meskipun tidak berbayar namun fitur yang digunakan cukup lengkap. Anda bisa menambahkan animasi, teks, foto, hingga mengatur audio dan backsound dalam video tersebut.

Demikian 10 aplikasi edit video untuk YouTube yang bisa Anda pilih. Aplikasi tersebut relatif mudah dan sederhana, sehingga cocok untuk Anda yang baru belajar editing video.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait