Memahami Konsep Marketing Intelligence dan Jenisnya
Marketing intelligence adalah strategi sebuah usaha agar tetap dapat beradaptasi dengan perubahan dan mampu bersaing dengan kompetitor. Strategi ini penting untuk diterapkan demi keberlanjutan usaha tersebut.
Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas konsep marketing intelligence yang penting untuk dipahami. Simak penjelasan berikut untuk dapatkan informasi lebih lengkap.
Pengertian Marketing Intelligence
Berdasarkan keterangan di prosiding Seminar Nasional Informatika UPN Veteran Yogyakarta 2015, marketing intelligence adalah proses acquiring dan menganalisis informasi untuk memahami pasar, sikap dan perilaku pasar, serta mengakses perubahan dalam lingkungan bisnis.
Dalam prosiding tersebut juga disebutkan bahwa marketing intelligence adalah kemampuan mengerti, menganalisis, dan menilai lingkungan eksternal dan internal yang berkaitan dengan konsumen, pesaing, pasar, dan industri untuk mendukung pengambilan keputusan.
Ada beberapa alasan marketing intelligence penting, antara lain:
- Organisasi mempunyai kontak dengan konsumen.
- Kebutuhan organisasi untuk mengetahui perilaku konsumen.
- Kebutuhan untuk mengetahui pesaing.
- Memberikan target penjualan kepada sales.
- Membantu identifikasi produk baru.
- Membantu mengetahui ketidakpastian pasar di masa yang akan datang.
Sementara itu menurut penjelasan The Economic Time, definisi dari marketing intelligence adalah data eksternal yang dikumpulkan oleh sebuah perusahaan. Data tersebut berisi informasi seputar pasar yang akan dimasukinya.
Nantinya, informasi yang ada dalam data tersebut berguna untuk membuat keputusan bisnis yang sesuai dengan kondisi pasar. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa tujuan dari marketing intelligence adalah untuk meningkatkan kemampuan usaha dalam melakukan penetrasi pasar secara optimal.
Jenis-jenis Marketing Intelligence
Marketing intelligence ternyata memiliki beberapa jenis. Mengutip dari glints.com, berikut ini beberapa tipe marketing intelligence yang perlu diketahui.
1. Competitor Intelligence
Competitor intelligence adalah kunci utama agar dapat melakukan pemasaran dengan efektif. Data yang dihasilkan dari tipe marketing intelligence ini berupa informasi yang dikumpulkan tentang bisnis kompetitor. Namun, hal ini bukan tindakan menyalahi hukum atau ilegal.