3 Contoh Proposal Sponsorship yang Benar untuk Menggaet Sponsor
Bagi penyelenggara sebuah acara atau event, keberadaan sponsor menjadi bagian yang cukup penting. Melalui kerja sama dengan pihak sponsor, panitia penyelenggara acara akan mendapatkan dana tambahan untuk menyukseskan acara.
Namun, tentu mendapatkan 'hati' para sponsor, panitia perlu mengajukan proposal sponsorhip terlebih dahulu.
Contoh Proposal Sponsorship
Penyelenggara sebuah acara perlu membuat proposal sponsorship yang benar dan menarik, agar pihak sponsor tertarik menjalin kerja sama. Berikut ini contoh proposal sponsorship yang dapat menjadi panduan dalam menuliskan proposal kegiatan.
1. Contoh Proposal Sponsorship Acara Bazar
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Tuhan yang maha ESA karena atas kehendaknya kami bisa membuat proposal acara pameran “ End Sale ” Fashion Bazaar & Garage Sale.
Pada kesempatan ini tujuan kami membuat “ End Sale ” Fashion Bazaar & Garage Sale adalah untuk mengembangkan bisnis di Indonesia, yang memberikan manfaat bagi banyak pihak seperti produsen dan konsumen.
Kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dan partisipasi dari beberapa pihak yang telah membantu, yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu dalam proposal ini. Semoga proposal ini bisa menjadi suatu kegiatan yang akan menunjang kesuksesan bagi banyak pihak.
LATAR BELAKANG
Bazaar merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk menarik masyarakat atau pengunjung untuk membeli. Barang-barang yang dijual adapun dalam kegiatan bazar ini adalah dimana ajang untuk menjual produk-produk yang di anggap layak untuk dijual.
Di mana dalam acara Fashion Bazaar & Garage Sale“ menjual berbagai barang dengan model dan style modern, dimana acara ini akan memberikan manfaat bagi semua kalangan baik penjual dan pembeli.
TUJUAN
Acara pameran ini bertujuan untuk mengumpulkan penjual, distributor, masyarakat dalam rangka mempermudah pendistribusian barang produksi dalam negeri dari pedagang besar atau wholeseller kepada konsumen. Serta untuk mendukung program pemerintah untuk mengembangkan UMKM dan dunia Kreatif dan menarik para investor dari dalam maupun luar negeri.
Dengan dibukanya acara pameran ini dapat menjadi guiden bahwa produk fesyen disukai dan dicari oleh masyarakat disemua kalangan, baik anak-anak, dewasa dan orang tua. Menangkap peluang dari pengunjung pameran computer yang didominasi oleh kalangan pelajar.
TEMA KEGIATAN
“End Sale” Fashion Bazaar & Garage Sale “ini dipilih karena diadakan di akhir tahun. Harapannya acara ini dapat selalu terlaksana di tahun – tahun yang akan datang, dalam acara ini tidak hanya fashion, asesoris, apparel, hand made, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai barang garage sale.
PENGUNJUNG
Mayarakat Yogyakarta, Jawa Tengah dan sekitarnya dengan target pengunjung 2000 orang per hari.
PELAKSANAAN KEGIATAN
Tempat : Arjuna Room Jogja Expo Center
JL RAYA JANTI YOGYAKARTA
Tanggal : Jumat- Minggu, 13 – 15 Desember 2023
Waktu : 10.00 – 21.00 WIB
PELAKSANAAN KEGIATAN
Tempat : Arjuna Room Jogja Expo Center
JL RAYA JANTI YOGYAKARTA
Tanggal : Jumat- Minggu, 13 – 15 Desember 2023
Waktu : 10.00 – 21.00 WIB
PROGRAM PROMOSI DAN PUBLIKASI
- Media Elektronik baik radio maupun televisi
- Media cetak Lokal dan nasional
- Poster, Spanduk, Umbul-umbul serta flayer yang akan dibagikan ke pengunjung Mall dan di sebarkan melalui Distributor Loper Koran
- Melalui Email, SMS dan Website
SUSUNAN PANITIA
Terlampir
SUSUNAN ACARA
Terlampir
PENUTUP
Demikian proposal ini kami susun, besar harapan kami agar seluruh kegiatan yang kami rencanakan dapat terealisasi sesuai dengan rencana.
Semoga proposal ini dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai kegiatan “End Sale” Fashion Bazaar & Garage Sale yang akan kami laksanakan. Atas perhatian dan kerja sama dari berbagai pihak, kami ucapkan terima kasih.
2. Contoh Proposal Sponsorship Acara Pameran
JUDUL KEGIATAN
Kegiatan ini merupakan bentuk tanggapan/respon dari seniman tentang seni patung yang diwujudkan dalam bentuk pameran dengan judul “RicariCariPatung”
LATAR BELAKANG
Ditengah wacana kontemporer yang gencar dibicarakan oleh sebagian besar masyarakat khusunya masyarakat seni, karya yang konseptual merupakan sesuatu hal yang memiliki peranan yang penting.
Hal tersebut terbukti dengan banyaknya karya-karya konseptual yang bermunculan dalam berbagai persepsi tentang wacana hingga konsepsi tentang karya itu sendiri.
Diantara berbagai macam cabang seni rupa, patung adalah salah satu media untuk mengekspresikan diri.
Berawal dari suatu pembahasan mengenai bagaimana perkembangan seni rupa sekarang ini, akhirnya mengakibatkan muncullah suatu ide untuk menyelenggarakan pameran yang berjudul “RicariCari Patung”.
RicariCari Patung ini adalah suatu moment yang akan melibatkan berbagai komunitas maupun institusi yang memiliki program jurusan seni.
Khususnya seni rupa, serta tak menutup kemungkinan masyarakat non-senirupa pun akan ikut terlibat di dalamnya.
MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN
- Mengajak publik untuk membaca dan merepresentasikan konsepsi tentang karya seni patung
- Mampu sebagai media apresiasi yang memuat berbagai informasi yang bermanfaat bagi masyarakat secara umum.
- Untuk meningkatkan motivasi dan semangat berkarya para Senirupawan maupun masyarakat nonsenirupawan pada umumnya.
- Untuk menjalin silaturahmi dan membuka jaringan antar institusi, antar komunitas seni rupa maupun masyarakat secara umum.
- Untuk mencari pengalaman-pengalaman baru dalam dunia kesenirupaan maupun dunia luar serta sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat luas pada umumnya.
MANFAAT KEGIATAN
- Sebagai media evaluasi dan introspeksi diri bagi para peserta mengenai sejauh mana perkembangan proses pembelajarannya dalam berkesenian untuk melandasi langkah selanjutnya.
- Membuka kesadaran kritis masyarakat pada umumnya yang responsive terhadap dunia Kesenirupaan yang terus berkembang.
- Meningkatkan kerjasama antar institusi seni dengan masyarakat umum
WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Hari : Rabu s/d Sabtu
Tanggal : 27 s/d 30 Desember 2022
Tempat : Student Center UNS (indoor) Wilayah FKIP UNS Kampus Kentingan (outdoor)
JENIS KEGIATAN