Peringati Hari Kanker Anak Sedunia dan Cara Mendukung Pengidap

Image title
15 Februari 2023, 19:10
Hari kanker anak.
Unsplash
Ilustrasi, anak penderita kanker.

Hari Kanker Anak Sedunia atau International Childhood Cancer Day (ICCD) selalu diperingati setiap 15 Februari. erhelatan ini kerap diadakan oleh sejumlah instansi atau organisasi yang berfokus di bidang tersebut.

Mulai dari lembaga pemerintahan seperti kementerian dan dinas kesehatan hingga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Peringatan ini bisa menjadi salah satu media untuk memberikan semangat anak-anak pengidap kanker agar tidak kehilangan semangat untuk melawan penyakit berbahaya tersebut.

Lantaran masa kecil yang biasanya dihabiskan dengan waktu bermain dan keceriaan justru dipenuhi dengan pengobatan dan perawatan.

Melansir dari situs Childhood Cancer International, setiap tahun, terdapat lebih dari 400 ribu anak dan remaja di bawah 20 tahun yang didiagnosis menderita kanker.

Sementara itu, tingkat keberhasilan dan kelangsungan hidup sangat tergantung wilayah di mana mereka tinggal. Misalnya negara maju memiliki 80% kelangsungan hidup. Sedangkan negara menengah dan rendah hanya 20%.

Sayangnya, 80% dari anak-anak yang dinyatakan kanker justru berasal dari negara dengan pendapatan menengah hingga rendah. Hal tersebut juga mengacu dengan akses sistem pelayanan kesehatan yang rendah.

Namun, penderita kanker tidak hanya membutuhkan pengobatan secara medis. Mereka juga membutuhkan dukungan mental untuk menguatkan secara emosional.

Dalam rangka Hari Kanker Anak Sedunia, kali ini Katadata.co.id akan memberikan sejumlah cara untuk mendukung mental anak pengidap kanker yang bisa Anda terapkan.

Bentuk Dukungan Mental untuk Anak Pengidap Kanker

1. Memberikan Apresiasi

Sebagai salah satu bentuk memperingati Hari Kanker Anak Sedunia, Anda bisa memberikan apresiasi dalam bentuk apapun untuk anak. Misalnya dengan mengatakan bahwa ia sudah berusaha dengan baik melawan rasa sakit yang diterima selama ini.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan hadiah kecil yang disukai anak. Tujuannya agar sang Anak merasa dihargai dan tetap berarti.

2. Jangan Membandingkan

Agar mental anak penderita kanker tetap stabil, hindari untuk membandingkan keadaannya dengan orang lain. Khususnya tentang kondisi kesehatan yang sedang diidapnya.

Tak hanya fisik, mental penderita juga cenderung penuh tekanan. Maka dari, pastikan Anda tidak mengucapkan kata dan kalimat yang membuatnya merasa terpojok dan tidak lebih baik dari orang lain.

3. Menjadi Pendengar yang Baik

Seperti orang pada umumnya, anak juga bisa memiliki kegundahan atau kebahagiaan yang ingin disampaikan kepada orang lain. Untuk membuatnya merasa lebih baik, Anda bisa menjadi sandaran dengan mendengarkan curhatannya.

Mulai dari hal yang sepele, respon dan ketersediaan Anda untuk mendengarkan bisa jadi merupakan hal yang berarti untuk sang Anak.

4. Memperlakukan Seperti Orang Biasa

Poin ini mengacu kepada tingkah laku sehari-hari yang biasa dilakukan orang kebanyakan. Meski anak sedang mengidap kanker, Anda bisa memperlakukannya seperti biasa.

Tujuannya adalah agar anak tidak merasa dibedakan lantara penyakit yang diderita. Hal ini bisa membuatnya tidak merasa berbeda dari orang lain.

5. Menanyakan Keadaan

Selain mendengarkan, Anda juga bisa secara rutin menanyakan keadaan mereka. Termasuk perasaannya mengenai hari ini atau hal tertentu. Tidak sekedar basa-basi, cara ini bisa menjadi tempat mereka untuk meluapkan keresahannya.

Dengan berbincang, mereka juga bisa merasa terbuka. Demikian juga dengan Anda yang bisa menawarkan masukan atau saran.

6. Memberi Waktu Sendiri

Tidak melulu harus didampingi, Anda juga bisa menanyakan apakah mereka membutuhkan waktu untuk sendiri? Hal ini bertujuan untuk mereka agar dapat lebih leluasa dalam melakukan apapun.

7. Memberi Dukungan Pasca Pengobatan

Apabila anak sudah mencapai akhirnya dalam melakukan pengobatan kanker dan jaringan tersebut tak lagi dinyatakan berkembang oleh dokter, Anda sebaiknya tetap memberikan dukungan secara emosional.

Hal tersebut lantaran rasa khawatir akan kanker yang bisa tumbuh kembali.

Tema Hari Kanker Anak Sedunia

Setiap tahunnya, LSM internasional banyak mengusung berbagai tema yang berkaitan dengan Hari Kanker Anak Sedunia. Salah satunya, dikutip dari situs India Today, di mana salah satu tema peringatan Hari Kanker Anak Sedunia 2023 yaitu ‘Better Survival.’

Dari slogan tersebut, terdapat makna mendalam mengenai upaya bertahan hidup anak penderita kanker. Selagi melawan penyakit, mereka juga berusaha keras agar bisa tetap menjalankan hidup seperti biasa.

Selain itu, di sosial media juga banyak tersebar tagar yang berbunyi #ThroughTheirHands. Tak hanya untuk pengidap, kampanye semacam ini juga ditujukan kepada kerabat dan perawat yang berperan penting dalam pengobatan.

Berskala nasional, #ThroughTheirHands juga mengusung tema yang bersifat universal.

Adapun tujuan dari peringatan ini tidak semata-mata sebagai bentuk perayaan. Melainkan menjadi media penyampai suara bahwa anak penderita kanker juga butuh penanganan yang lebih baik lagi. Termasuk kualitas pengobatan dan perawatan.

Demikian pembahasan tentang bentuk dukungan mental yang bisa diberikan kerabat terdekat kepada anak dan remaja pengidap kanker. Pastikan Anda menyertai perjalanannya untuk menyintas penyakit berbahaya tersebut.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Advertisement

Artikel Terkait