4 Contoh Mukadimah Singkat untuk Ceramah

Dwi Latifatul Fajri
22 Februari 2023, 19:00
Contoh Mukadimah Singkat
Unsplash
Ilustrasi Ceramah

Mukadimah disebut juga kata pengantar di bagian depan sebuah proposal. Umumnya mukadimah menjadi kata pembuka untuk proposal pengajuan kegiatan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti mukadimah adalah pendahuluan dan kata pengantar.

Mukadimah digunakan untuk pembukaan ceramah keagamaan. Bagian pengantar ini berisi kata pengantar dan doa-doa baik yang dibaca penceramah. Mukadimah bisa menggunakan bahasa Arab dan bahasa Indonesia untuk penyampaiannya. Dalam pidato agama, mukadimah berisi rasa syukur dan harapan baik untuk pendengar.

Mengutip dari Pinhome.id, kata muqadimah ceramah berasal dari Bahasa Arab. Terjemahan kata Muqoddimah adalah pengantar atau pembuka. Jadi, mukadimah adalah pendahuluan, pengantar, atau pembuka. Umumnya istilah mukadimah digunakan dalam ceramah dan buku. Berikut contoh mukadimah singkat.

CONTOH TEKS CERAMAH PANJANG
Ilustrasi Ceramah (Pemprov Jateng)

Contoh Mukadimah Singkat

1. Contoh Mukadimah Proposal Kegiatan

Assalamu'alaikum wr.wb.
Salah sejahtera,

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan proposal kegiatan Donor Darah dengan tema "More Blood, Mor Lives". Kegiatan ini merupakan perwujudan niat tulus dan semangat kerjasama mahasiswa kedokteran Universitas Batam.

Proposal ini terdiri dari latar belakang kegiatan, konsep kegiatan, jadwal acara, institusi penyelenggara, dan anggaran dana agar semua pihak dapat mengetahui dengan jelas gambaran jalannya kegiatan ini. Harapan kami dengan adanya proposal ini dapat memberikan dukungan baik moril maupun materil kepada kami sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar.

2. Contoh Mukadimah Agama Singkat

Bismillah. Walhamdulillah. Assholaatu wassalaamu ‘ala rasuulillah. Wa’ala alihi washahbihi wamawwaalah.

3. Contoh Mukadimah Pembukaan Ceramah

Segala puji bagi Allah Penguasa Alam, salam sejahtera semoga telah dilimpahkan kepada pemimpin umat manusia, baik yang terdahulu maupun yang akan datang. Yakni junjungan kami Nabi Muhammad S.A.W. Begitu juga salam sejahtera semoga tetap dilimpahkan Allah atas keluarga dan semua orang yang mengikuti petunjuknya sampai saat hari kemudian.

4. Contoh Mukadimah Kultum

Alhamdulillahilladzi arsala rasulahu bil huda wadinil haqq, liyudzhirahu ’aladdini kullihi, wakafa billahi syahiidaa. Asyhadu alla ilaha illallah. Wa asyhadu anna muhammadarrasulullah. Allahumma shalli ’ala sayyidina muhammadin wa’ala alihi washahbihi ajma’in. Amma ba’du.

Artinya: ”Segala puji milik Allah yang telah mengutus Rasul-Nya dengan hidayah dan Agama yang benar, untuk memenangkannya atas semua agama lainnya, dan cukuplah Allah sebagai saksi. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah berikan rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad serta kepada keluarga dan sahabatnya, semuanya. Adapun setelahnya.”

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Advertisement

Artikel Terkait