Jokowi Sambut Medali Emas Leani, Hasil Paralimpiade 2020 Lewati Target

Intan Nirmala Sari
5 September 2021, 15:37
paralimpiade tokyo 2020, leani Ratri, bulu tangkis
Antara/HO-NPC Indonesia
Pebulutangkis ganda putri Indonesia Oktila Leani Ratri (kiri) dan Sadiyah Khalimatus berpose dengan medali emas saat prosesi penyerahan medali bulutangkis nomor ganda putri kategori SL3-SU5 pada Paralympic Games Tokyo 2020 di Yoyogi National Stadium, Tokyo, Jepang, Sabtu (4/9/2021). Leani-Khalimatus meraih medali emas setelah mengalahkan wakil China Cheng He Fang-Ma Huihui dengan skor 21-18 dan 21-12. ANTARA FOTO/HO-NPC Indonesia

Pencapaian Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020 melebihi target yang dicanangkan. Secara keseluruhan Indonesia mengoleksi dua emas, tiga perak dan empat perunggu.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi menyebutkan tidak ada yang bisa menghentikan torehan prestasi dari atlet bulu tangkis Indonesia Leani Ratri Oktila di Paralimpiade Tokyo 2020. Melalui unggahan resminya di Instagram, presiden mengapresiasi Leani Ratri karena kembali memperoleh medali emas di nomor ganda campuran SL3-SU5, dan juga medali perak di tunggal putri SL4.

“Tak ada yang bisa menghentikan Leani Ratri Oktila mendulang medali untuk Indonesia di Paralimpiade Tokyo. Kemarin, ia mempersembahkan medali emas dari bulu tangkis ganda putri. Hari ini, dua medali ia raih di dua final,” tulis Presiden.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan, posisi Indonesia dalam Paralimpiade Tokyo 2020 menunjukkan peningkatan. Dengan mengantongi 2 medali emas, 3 medali perak dan 4 medali perunggu, posisi Indonesia naik ke peringkat 43. Capaian tersebut melampaui target peringkat 60.

"Bila dibandingkan dengan perolehan (Paralimpiade) di Rio de Janeiro 2016, Indonesia hanya memperoleh 1 medali perunggu dan berada di peringkat 76," ujar Menpora di Instagram resmi kementerian, hari ini.  

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi)

"Hasil ini merupakan prestasi yang luar biasa karena mampu melebihi target awal yang kita tetapkan sebelum berangkat ke Paralimpiade 2020," kata Chef de Mission Indonesia untuk Paralimpiade Tokyo Andi Herman, dalam keterangan resmi Minggu (5/9).

Andi memuji pencapaian Leani Ratri Oktila yang mempersembahkan dua emas pada cabang olahraga para-bulu tangkis dan menyebut pencapaian tersebut memiliki bermakna luar biasa.

"Raihan emas kedua bagi Kontingen Indonesia ini bukan saja prestasi luar biasa bagi bangsa Indonesia tetapi juga merupakan sebuah sejarah bagi NPC Indonesia yang meraih medali di Paralimpiade," katanya

Selain perjuangan yang berat dari pemain Indonesia, hasil Paralimpiade Tokyo 2020 kali ini memberikan inspirasi bahwa atlet Indonesia bisa berprestasi di kancah dunia. Hari ini (5/9), Indonesia menambahkan satu emas, satu perak, dan satu perunggu. Leani Ratri menjadi kunci kesuksesan Indonesia di Paralimpiade Tokyo dengan memberi tambahan emas dan perak.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...