Indonesia Catat Transaksi Perdagangan Rp1,5 Triliun di Pameran Pasifik

Intan Nirmala Sari
30 Oktober 2021, 13:29
perdagangan, selandia baru
Katadata

Indonesia mencatatkan transaksi potensial US$ 104,1 juta atau sekitar Rp 1,48 triliun dalam gelaran The 2nd Pacific Exposition yang digelar selama tiga hari. Angka tersebut meningkat dibandingkan transaksi perdagangan pada Pacific Exposition pertama yakni US$ 70 juta pada 2019 dan digelar di Auckland.

Pameran dagang tersebut diselenggarakan oleh Kedutaan besar Republik Indonesia (RI) di Wellington, Selandia Baru secara virtual hingga 30 Oktober 2021. Acara tersebut digelar sebagai strategi mempromosikan perdagangan investasi dan pariwisata Indonesia ke global.

“Kita berhasil membukukan transaksi naik 48% atau mencapai Rp 1,48 triliun dibandingkan capaian dua tahun lalu,” kata Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya secara daring, Sabtu (30/10).

Dia memaparkan, sebanyak 312 peserta pameran bergabung dalam kegiatan The 2nd Pacific Exposition, di mana terdapat 200 stan virtual. Adapun peserta pameran berasal dari 18 negara-negara kawasan Pasifik.

Acara yang berlangsung selama 27-30 Oktober 2021 tersebut telah dikunjungi 10.800 akun yang berasal dari 28 negara di kawasan Pasifik, negara-negara Asia seperti Jepang, Singaporean, Malaysia, Cina dan lainnya.

Tantowi mengatakan transaksi terbesar berasal dari produk technology based, seperti alat penghantar listrik produksi pabrik di Bogor yang berkontribusi lebih dari 30% dari total transaksi. Di mana, produk electric transformer tersebut juga di ekspor ke Selandia Baru dan juga Australia.

Produk Indonesia selanjutnya yang berkontribusi besar pada transaksi Pacific Exposition tahun ini berasal dari produk agrikultur, seperti kopi. “Kopi kita dari Sumatera Utara berhasil membukukan transaksi lebih dari US$ 11 juta, dan itu sangat besar,” ujar Tantowi.

Produk lainnya adalah bawang, di mana nilai perdagangannya tidak hanya datang dari Indonesia tetapi juga dari Pasifik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...