149 Meninggal dan 76 Orang Terluka saat Rayakan Halloween di Korea

Intan Nirmala Sari
30 Oktober 2022, 08:09
Korea Selatan, Halloween
Yonhap News

Sedikitnya 149 orang tewas dan 76 orang lainnya terluka dalam kerumunan perayaan Halloween di distrik Itaewon, Korea Selatan, menurut otoritas pemadam kebakaran, Minggu (30/10). Tragedi tersebut terjadi Sabtu (29/10) malam di gang sempit dekat Hotel Hamilton yang terkenal sebagai pusat kehidupan malam kota Seoul.

Melansir Yonhap, puluhan ribu orang mengunjungi daerah tersebut untuk merayakan pesta Halloween. Sebanyak 149 orang, termasuk dua orang asing, telah dipastikan tewas pada Minggu pagi. Sementara itu, 76 orang lainnya dinyatakan terluka, 19 di antaranya mengalami luka serius. Otoritas kebakaran Korea juga tak menampik bahwa jumlah korban tewas bisa meningkat.

"Banyak korban jatuh saat kerumunan, orang jatuh selama pesta Halloween," kata Kepala pemadam kebakaran Yongsan, Choi Seong-beom kepada wartawan.

Korban berusia 20 tahunan merupakan kelompok usia yang paling banyak menjadi korban tragedi tersebut. Awalnya, otoritas kebakaran menerima lusinan laporan dari orang-orang di daerah Itaewon tentang pasien yangkesulitan bernapas. Laporan pertama dibuat sekitar pukul 22.15.

Tim penyelamat yang dikirim ke tempat kejadian telah memberikan CPR pada puluhan korban di jalan terdekat.

"Ketika orang-orang di depan jatuh, mereka yang di belakang terlindas," kata seorang saksi mata berusia 20-an kepada Yonhap.

Menurut kabar yang beredar, kerumunan orang berbondong-bondong ke suatu tempat untuk melihat seorang selebriti, atau permen yang dicampur dengan obat-obatan yang telah didistribusikan di klub. Meskipun begitu penyebab pasti tragedi Halloween tersebut masih belum diketahui.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...