Syarat Tinggi Badan Prajurit TNI Turun, Ini Komentar Menhan Prabowo

Panglima TNI Andika Perkasa merevisi syarat masuk jadi calon prajurit TNI. Aturan tinggi badan diturunkan.
Rizky Alika
29 September 2022, 21:09
Prabowo komentari Syarat tinggi badan prajurit TNI turun
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja /foc.
Menhan Prabowo Subianto memberi salam usai mengikuti rapat Paripurna pembukaan masa persidangan I DPR tahun sidang 2022-2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

 Syarat minimal tinggi badan dan batas umur calon taruna taruni TNI telah diturunkan. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyatakan dukungan atas perubahan itu. 

"Semua punya potensi yang sangat baik untuk pertahanan. Jadi saya mendukung penyesuaian," kata Prabowo di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (29/9).

Menurut Prabowo, TNI harus menyesuaikan dengan kondisi setiap daerah. Sebab, ada banyak suku yang berlainan kondisinya.

Apabila hanya memilih satu kriteria, negara bisa mengalami kerugian. Hal itu bisa terjadi jika hanya memerhatikan kriteria tinggi badan tanpa memandang prestasi atau kemampuan seseorang.

Advertisement

Sebelumnya, Jenderal Andika Perkasa menurunkan syarat tinggi badan calon TNI. Untuk pria diubah dari 163 centimeter (cm) jadi 160 cm, sementara wanita dari 157 cm menjadi 155 cm.

Selain itu, syarat usia dikurangi tiga bulan bagi calon yang mendaftar, yaitu dari 18 tahun saat dibuka pendidikan menjadi 17 tahun 9 bulan saat dibuka pendidikan. Andika mengatakan, perubahan itu untuk mengakomodasi kondisi remaja Indonesia.

"Saya sudah membuat revisi sedemikian rupa sehingga lebih mengakomodasi kondisi umum remaja Indonesia," kata Andika dikutip dari video Sidang Pemilihan Terpusat Integratif Penerimaan Taruna Taruni Akademi TNI TA 2022 yang diunggah Senin (26/9).

Dalam video yang sama, Aspers Panglima TNI Marsekal Muda Kusworo mengatakan pengurangan syarat usia tiga bulan bertujuan untuk memudahkan calon yang mendaftar. "Ini saya rasa merupakan suatu terobosan yang bagus, memberikan suatu kesempatan toleransi," katanya.

Perubahan syarat itu dilakukan usai anak Kepala Staf TNI AD Jenderal Dudung Abdurachman sempat gagal masuk Akmil karena masalah tahun kelahiran dan tinggi badan.

Adapun, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri prihatin terhadap batas tinggi calon taruna taruni TNI itu. Pada beberapa waktu lalu, Megawati bertanya pada Andika berapa rata-rata tinggi badan akademi TNI.

"165 cm ya itu?" tanya Mega, seperti dikutip dari Talk Show Napak Tilas Ratu Kalinyamat pada Selasa (11/8).

Andika mengatakan tinggi minimal sudah turun menjadi 160 cm. Mega mengaku heran lantaran sempat meminta syarat tinggi prajurit TNI dinaikkan menjadi 170 cm. "Lah kok ini melorot 10 cm," ujarnya.

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait