Siapkan Keppres, Jokowi Targetkan TGIPF Kanjuruhan Tuntas Satu Bulan

Ira Guslina Sufa
4 Oktober 2022, 14:09
Jokowi siapkan Keppres untuk TGIPF rusuh kanjuruhan
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.
Suporter sepak bola meletakkan atribut Arema saat mengikuti doa bersama bagi korban Tragedi Kanjuruhan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (3/10/2022).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan segera menuntaskan penelusuran insiden mematikan yang terjadi usai laga antara Arema FC dan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10) lalu. Jokowi memberi tenggat waktu satu bulan.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengatakan batas waktu itu telah disampaikan langsung oleh presiden. Dalam TGIPF, Mahfud ditunjuk sebagai ketua.

Advertisement

"Tim pencari fakta diminta bekerja kalau bisa tidak sampai satu bulan sudah bisa menyimpulkan,” ujar Mahfud di Jakarta, Selasa (4/10).

Menurut Mahfud, target singkat diberikan presiden karena sejauh ini tim telah mengantongi persoalan besar yang menyebabkan tragedi Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari 130 juta orang itu. Tim hanya perlu memperdalam beberapa detail untuk memastikan kronologi dan penyebab kejadian.

 Salah satu persoalan yang menjadi perhatian tim menurut Mahfud adalah mengenai penetapan waktu pelaksanaan pertandingan di malam hari. Padahal sebelumnya sudah ada usulan agar pertandingan dimajukan siang atau sore hari.

"Nanti kami olah. Kami harus melihat lapangan, menemui siapa yang menyaksikan, siapa yang memberi komando, siapa yang kok bisa jadwal pertandingan diusulkan sore kok tetap berubah malam. Itu kan ada jaringan-jaringan. Ada jaringan bisnis, periklanan, dan sebagainya. Nanti kami lihat," ujar Mahfud.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement