Survei the Republic: Ganjar Pranowo Kalahkan Prabowo dan Anies di Jawa

Ade Rosman
5 Oktober 2022, 08:45
Ganjar Pranowo menang di Jawa
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/rwa.
Ganjar Pranowo bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (16/9/2022).

Kontestasi jelang pemilihan presiden 2024 semakin semarak setelah tiga partai mendeklarasikan calon presiden yang akan diusung. Pada Senin (3/10) lalu Partai Nasional Demokrat mendeklarasikan pencalonan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disusul Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang mencalonkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Pada Agustus lalu, Partai Gerindra telah lebih dulu mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai presiden.

Berdasarkan survei terbaru yang dirilis The Republic Institute, dari ketiga capres yang telah deklarasi di Pulau Jawa nama Ganjar Pranowo mengalahkan Prabowo Subianto serta Anies Baswedan. Ganjar memperoleh Ganjar (24,7%), sementara Prabowo (19,6%), serta Anies (16,9%).

Peneliti Utama The Republic Institute, Sufyanto mengatakan Ganjar mengantongi suara yang besar di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kader PDIP tersebut juga lebih dikenal karena aktif di media sosial. Ganjar juga disebut memiliki sikap kepemimpinan yang mirip dengan Presiden Joko Widodo.

“Tingginya suara Ganjar juga disebabkan karena penampilannya yang dianggap low profile merakyat, misalnya sering langsung masuk warung dan ikut makan bersama-sama dengan masyarakat lain yang ada di warung,” ujar Sufyanto seperti dikutip, Rabu (5/10).

 Sufyanto menyatakan, selain tiga teratas tadi, dalam hasil survei bertajuk ‘Aspirasi dan Peta Elektabilitas Partai Politik serta Capres-Cawapres di Enam Provinsi di Pulau Jawa’ terdapat beberapa nama yang juga memiliki elektabilitas cukup baik. Mereka adalah Agus Harimurti Yudhoyono dengan 4,1 persen suara, Muhaimin Iskandar dengan 3 persen suara, Ridwan Kamil dengan 3 persen suara, Airlangga 2,4 persen suara, Erick Thohir 2,2 persen suara, Puan Maharani 1,9 persen suara, Andika Perkasa 0,3 persen, Sandiaga Uno 0,3 persen dan Khofifah Indar Parawansa 0,2 persen.

Selain itu, dalam hasil survei tersebut juga digambarkan simulasi tiga pasangan capres-cawapres. Berdasarkan pilihan responden pasangan Anies-AHY unggul dengan 28,7 persen suara mengunggungguli Ganjar-Puan 27,6 persen dan juga Prabowo-Muhaimin 22,4 persen.

Sebagai informasi, margin of error hasil survei yang dilakukan pada 28 Agustus-12 September lalu ini sekitar 2,8 persen. Survei dilakukan dengan melibatkan 1.200 responden.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...