Deretan Pernyataan Zulfan Lindan, Pengurus Nasdem yang Dipecat Paloh

Ira Guslina Sufa
13 Oktober 2022, 16:16
Ketua Umum Nasdem Surya Paloh pecat Zulfan Lindan
ANTARA FOTO/Ampelsa/rwa.
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) bersama rombongan disambut oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Aceh Teuku Taufiqulhadi (ketiga kanan) saat kunjungan kerja peresmian kantor baru DPW NasDem di Banda Aceh, Senin (27/6/2022).

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh mengumumkan pemecatan Zulfan Lindan dari jajaran pengurus Dewan Pimpinan Pusat. Kader Nasdem yang pernah menjabat Ketua DPP Bidang Organisasi dan Industri dan Tenaga Kerja dinilai sering membuat gaduh politik. 

Dalam keterangannya, Surya Paloh mengatakan pemberhentian Zulfan didasarkan keinginan partai untuk tetap menjaga semangat sebagai partai gagasan. Nasdem tidak ingin menjadi bagian dari kelompok yang turut menghadirkan kegaduhan politik dengan melontarkan pernyataan yang tidak perlu. 

 "DPP partai NasDem kemudian memberikan peringatan keras kepada saudara Zulfan Lindan,” ujar Paloh dalam keterangan resmi, Kamis (13/10). 

Menurut Paloh, sebagai bentuk peringatan keras dari partai, Zulfan dinonaktifkan dari kepengurusan DPP partai NasDem. Selain itu, Nasdem juga melarang keras untuk memberikan pernyataan di media massa dan media sosial atas nama fungsionaris partai NasDem. Paloh berharap, pemberhentian Zulfan dari pengurus partai bisa menjadi pelajaran serta peringatan bagi kader lain untuk lebih berhati-hati dalam beropini. 

 Selama ini, Zulfan memang dikenal sebagai kader Nasdem yang rajin memberi pernyataan politik. Namun, pernyataan itu kerap mendapat tanggapan negatif dari partai lain karena dianggap tendensius. 

Pada September ia pernah menyebut partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sebagai koalisi ecek-ecek. Pernyatan itu mendapat balasan keras dari pengurus partai koalisi yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional dan Partai Persatuan Pembangunan. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...