Hari Terakhir jadi Gubernur, Anies: Terima Kasih Jakarta

Ira Guslina Sufa
16 Oktober 2022, 08:48
Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merapikan beberapa berkas dan buku di ruang kerjanya, Balai Kota Jakarta, Jumat (14/10/2022).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini Minggu (16/10) akan menghabiskan masa terakhir kepemimpinan di DKI Jakarta. Anies akan digantikan oleh Heru Budi Hartono yang sebelumnya menjabat Kepala Sekretariat Presiden. 

Di hari-hari terakhir kepemimpinan di DKI Jakarta Anies rajin mengunggah status dengan ucapan terima kasih. Bahkan nama akunnya pun ditambahkan dengan  tagar ucapan terima kasih. Tidak hanya di twitter, Anies juga mengucapkan hal yang sama di akun media sosial facebook miliknya. 

"Anies Rasyid Baswedan #TerimaKasihJakarta," begitu Anies menulis namanya.

Pada beberapa cuitan, Anies mengucapkan terima kasih pada sejumlah pihak. Di antaranya adalah kepada seluruh tenaga kesehatan dan RS di DKI Jakarta. Ia menyebut penanganan dan pengendalian Covid-19 di DKI Jakarta merupakan kerja keras bersama untuk menyelamatkan warga Jakarta. Anies tak lupa berterima kasih pada masyarakat internasional yang juga bermukim di Jakarta. 

"Di kota ini bukan saja berkumpul warga dari seluruh nusantara, tapi juga dari seluruh dunia. Kami mengapresiasi kolaborator internasional, atas bantuannya selama lima tahun ini," ujar Anies dalam cuitannya. 

Anies juga berterima kasih kepada Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) Jakarta. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, juga tak lupa menyebut para petugas lapangan, RT dan RW seluruh pegawai, jurnalis, walikota dan lurah serta seluruh penggerak PKK. 

"Lima tahun bertugas di Jakarta telah memberikan pengalaman yang luar biasa. Spektrum yang diurusi Pemprov DKI Jakarta begitu banyak, kami bersyukur didukung kerjasama dari Forkompimda, Legislatif dan Lembaga Pemerintah Pusat, terutama di masa-masa pandemi," ujar Anies. 

Setelah berakhirnya masa kepemimpinan di DKI Jakarta, Anie selanjutnya akan melanjutkan safari politik untuk mensukseskan pencalonannya sebagai calon presiden. Mantan Rektor Universitas Paramadina itu telah dideklarasikan secara resmi oleh Partai Nasional Demokrat sebagai capres pada pemilihan presiden 2024 mendatang. 

Dalam cuitan rangkaian terima kasih yang disampaikan di twitter, Anies tak lupa menyinggung soal politik. Hal ini sejalan dengan dinamika politik yang terjadi jelang pemilu dan pilpres 2024 mendatang.  

"Kami ingin rakyat kembali percaya pada kontrak politik, kami ingin rakyat kembali percaya pada proses politik. Kami ingin proses politik dipandang sebagai tempat menitipkan harapan," kata Anies. 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...