Survei SMRC: Prabowo Kalahkan Anies, Ganjar Unggul di Semua Simulasi

Ade Rosman
24 Oktober 2022, 11:31
Survei Capres
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/rwa.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri ketiga) didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan ketiga) menyebar apem saat Tradisi Sebar Apem Yaa Qawiyyu di Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (16/9/2022). Sekitar 6,5 ton apem disebar dalam

Survei terbaru yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus mengalir. Berdasarkan survei yang digelar pada 3-9 Oktober 2022 terhadap 1027 responden di seluruh Indonesia, Ganjar menang di semua  simulasi pemilihan calon presiden yang dilakukan. 

“Dalam simulasi semi-terbuka, nama Ganjar Pranowo mendapat dukungan paling besar yaitu 24 perse,” ujar Direktur Riset SMRC, Deni Irvani seperti dikutip Senin (24/10). 

Menurut Deni pada urutan kedua nama yang dipilih adalah Prabowo Subianto dengan suara 21 persen diikuti Anies Baswedan dengan suara 18,7 persen. Selain ketiga tokoh tersebut, nama lain juga muncul namun dengan dukungan di bawah 4 persen di antaranya Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, Puan Maharani, dan Muhaimin Iskandar. 

Dalam survei semi terbuka, selain disodorkan nama capres yang disediakan, responden juga dapat memilih tokoh lainnya yang tidak ada dalam daftar. Pada akhirnya didapatkan 45 nama calon dalam simulasi tersebut.  

“Ini adalah simulasi yang inklusif, siapapun tokoh yang memiliki dukungan yang besar itu akan muncul di dalam jenis pertanyaan ini,” katanya.

Lebih jauh Deni mengatakan pada simulasi selanjutnya, SMRC mencoba membuat tiga simulasi berdasarkan tiga skenario yang mungkin terjadi pada pemilihan presiden 2024. 

 Simulasi Pertama, Ganjar Menang 

Berdasarkan peta kekuatan partai politik hari ini, Deni menyebutkan terdapat empat peluang pasangan capres dan cawapres yang akan muncul. Pada simulasi pertama, survei mengerucutkan pilihan responden pada empat nama yang saat ini telah dimunculkan sebagai calon presiden yaitu Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Puan Maharani. 

Deni menyebutkan saat ini dukungan yang sudah hampir final adalah untuk Prabowo dengan koalisi Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa, diikuti Anies Baswedan dari koalisi Partai Nasional Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Demokrat. Sedangkan Ganjar dan Puan bisa maju lewat PDIP dan Koalisi Indonesia Bersatu yang terdiri dari Golkar, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Amanat Nasional. 

“Dalam konteks ini, bisa saja kemungkinan ini terjadi, Ganjar katakanlah bisa maju lewat koalisi KIB, Prabowo Subianto maju lewat Gerindra dan PKB, Anies misalnya dari NasDem PKS dan Demokrat, kemudian puan maharani PDIP,” katanya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...