Penanganan Gempa Cianjur, Pemerintah Prioritas Buka Akses Jalan

Nadya Zahira
25 November 2022, 07:30
Gempa cianjur
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.
Sejumlah pengungsi membawa bantuan beras di Pengungsian Taman Prawatasari, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022).

Presiden Joko Widodo kembali meninjau penanganan gempa di Cianjur, Jawa Barat pada Kamis (24/11). Dari kunjungan tersebut, Jokowi mengatakan pemerintah akan memprioritaskan pembukaan akses jalan dan evakuasi titik yang masih tertimbun longsoran. 

"Masih terjadi hujan dan masih ada gempa susulan, dan tanahnya labil, sehingga perlu kehati-hatian. Namun Menteri PUPR sudah memerintahkan jajarannya yang sudah terbiasa menangani penggalian dan penimbunan (cut and fill), sehingga bisa dikerjakan," ujar Jokowi dikutip dari keterangan resmi Jumat (25/11).

Jokowi menuturkan, kunjungannya yang kedua kali ini bertujuan untuk memastikan evakuasi warga tertimbun berjalan dengan baik. Selain itu ia juga memantau distribusi logistik pasca gempa di Kabupaten Cianjur bisa berjalan maksimal. 

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat Wilan Oktavian mengatakan setelah membuka jalan nasional Cianjur-Puncak, penanganan akan dilanjutkan dengan mengecek semua jalan. Pengecekan dilakukan baik untuk jalan nasional, provinsi atau kabupaten. 

Menurut Wilan, jalan ruas Cugenang-Salahuni jaraknya hanya sekitar 1 km dari longsor jalan nasional. Di jalan kabupaten ini panjang longsor sekitar 150 meter di titik 1 dan sekitar 10 meter di titik 2. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...