Peneliti Indikator: Keliling Sumatera, Anies Rebut Basis Suara Prabowo

Ira Guslina Sufa
6 Desember 2022, 09:40
Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Ampelsa/aww.
Bakal Calon Presiden dari Partai NasDem, Anies Baswedan (tengah) berjabat tangan dengan warga seusai melaksanakan shalat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Jumat (2/12/2022).

Calon presiden yang diusung partai Nasional Demokrat Anies Baswedan melakukan silaturahmi ke sejumlah daerah di Pulau Sumatera. Sejak Jumat (2/12) Anies berkunjung ke Provinsi Aceh dilanjutkan dua provinsi lainnya yaitu Sumatera Barat dan Riau. 

Dalam unggahan di media sosial miliknya, Anies menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari warga di tiga provinsi yang telah didatangi. Anies menyebut kunjungan sebagai upaya untuk mendekatkan diri dan lebih memahami sosial dan budaya masyarakat di daerah yang dikunjungi. 

“Kami ingin mengajak semua. Mari berjuang bersama-sama  untuk melakukan perubahan demi hadirnya rasa keadilan bagi semua,” ujar pada unggahan gambar saat berkunjung ke Aceh seperti dikutip dari twitter @aniesbaswedan Selasa (6/12). 

Peneliti dari Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro menilai kunjungan Anies ke sejumlah daerah di Sumatera merupakan strategi untuk memperkuat basis dukungan. Ia melihat strategi ini cukup efektif dalam mendongkrak elektabilitas dan popularitas mantan Menteri Pendidikan itu. 

Menurut Bawono, strategi Anies rajin keliling Indonesia setelah deklarasi cukup efektif dalam mendongkrak elektabilitas dan popularitas. Berdasarkan survei terakhir yang dilakukan Indikator politik, popularitas Anies bawa November sudah di angka 89 persen.

“Peningkatan popularitas tersebut tentu saja turut mempengaruhi peningkatan elektabilitas Anies saat ini hingga berada di posisi dua besar,” ujar Bawono Selasa (6/12). 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...