Kaesang - Erina Jalani Dua Prosesi Hari Ini, Akad Nikah dan Panggih

Ira Guslina Sufa
10 Desember 2022, 09:53
Kaesang - Erina
Laily Rachev |Biro Pers Sekretariat Presiden
Prosesi siraman Kaesang Pangarep putra bungsu Presiden RI, tampak seluruh keluarga inti hadir lengkap, mulai Ibu Negara Iriana Jokowi, Kahiyang Ayu, Gibran Rakabuming Raka, Bobby Nasution, dan Selvi Ananda. Dalam prosesi siraman tersebut, keluarga besar Jokowi mengenakan busana nuansa merah muda dan kebaya bermotif bunga.

 

Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono hari ini Sabtu (10/12) akan melangsungkan akad nikah di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Ada dua prosesi yang akan dijalankan hari ini yaitu akad dan panggih. 

Prosesi akan dimulai pukul 10.00 WIB dilanjutkan dengan panggih yang akan mempertemukan kedua mempelai. Adapun dua orang yang akan menjadi saksi pada pernikahan anak ketiga Presiden Joko Widodo itu adalah Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. 

Menjelang pernikahan, Presiden Jokowi menyampaikan doa agar seluruh rangkaian acara pernikahan berjalan lancar dari awal hingga akhir. Jokowi menyatakan sangat bahagia atas pernikaha putra bungsunya dengan Erina. 

"Saya berdoa agar seluruh rangkaian bisa berjalan dengan baik, mulai besok (Sabtu 10/12) ijab kabul bisa berjalan dengan lancar dan nanti selanjutnya pada Minggu (12/12) tasyakuran di Solo berjalan dengan baik," kata Jokowi seusai prosesi "midodareni" calon pengantin putri di Pedukuhan Purwosari, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat malam.

Rangkaian prosesi pernikahan akan menggunakan adat Yogyakarta, lengkap dengan iring-iringan menggunakan kereta kuda. Kemarin, Kaesang dan Erina telah menjalani prosesi siraman di kediaman masing-masing. 

Air siraman yang dipakai  berasal dari tujuh sumber yakni air zamzam dari Masjidil Haram. Ada juga air siraman dari kediaman calon pengantin wanita, dan kediaman calon pengantin pria, Empat sumber air lainnya berasal dari Keraton Yogyakarta, Keraton Surakarta, Mangkunegaran, dan Pakualaman. 

Pada acara siraman kemarin, keluarga Kaesang datang ke kediaman. Ibunda Kaesang, Iriana Jokowi, menyerahkan seserahan kepada ibunda Erina. Hantaran yang diserahkan berupa pisang raja, jaddah wajik yang menjadi perlambang reraketan.



News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait