Siswono Yudo Husodo Mundur, Nasdem: Kami Kehilangan Kader Senior

Ade Rosman
26 Desember 2022, 18:12
Partai Nasdem
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan saat kuliah umum pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Wakil Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Ahmad Ali membenarkan telah mendengar kabar tentang mundurnya Siswono Yudo Husodo dari jabatan Ketua Dewan Pertimbangan partai. Meski begitu, Ali mengatakan Nasdem belum menerima secara resmi pemberitahuan mundurnya  Siswono dari jabatan Ketua Dewan Pertimbangan itu. 

“Sampai hari ini sih belum menyampaikan seperti itu (mundur),” ujar Ali Senin, (26/12). 

Meski belum menerima pemberitahuan resmi, Ali mengatakan menghormati keputusan yang telah dibuat Siswono. Ia menyebut, politikus senior yang dua kali menjabat menteri pada pemerintahan Soeharto itu memiliki hak dan kewenangan untuk memutuskan langkah politik.

Menurut Ali dalam proses sebuah partai hal yang paling utama adalah kesukarelaan. Karena itu partai menghargai keputusan seseorang untuk masuk atau keluar dari partai. Siswono bergabung dengan Nasdem pada 2017 dan diangkat menjadi Ketua Dewan Pertimbangan partai. 

“Namun tentu kami sayangkan. Nasdem sangat kehilangan kader senior yang sudah malang melintang di dunia politik nasional,” ujar Ali. 

Lebih jauh, Ali mengatakan hubungan NasDem dengan Siswono tidak ada masalah. Ali pun belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut, karena belum tahu alasan dari kabar pengunduran diri Siswono tersebut.

"Biasa aja. Belum bisa jawab. Kan saya belum tahu permasalahannya. Jadi kan kami hanya baca di media. Kami belum tahu alasannya kenapa. Keputusan beliau kami hargai," kata Ali.

Adapun, Siswono hingga Senin (26/12) sore belum memberi konfirmasi ihwal kabar mundurnya ia dari partai pimpinan Surya Paloh itu. Pesan tertulis yang Katadata.co.id layangkan belum berbalas. 



Reporter: Ade Rosman
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait