Nasdem Ungkap Alasan Siswono Mundur dari Wantim, Ada Faktor Anies?

Ade Rosman
28 Desember 2022, 06:00
Partai Nasdem
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU
Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali (kedua kanan) didampingi Sekjen Johnny G. Plate (tengah), Bendahara Umum Ahmad Sahroni (kedua kiri), dan Pimpinan DPP Syahrul Yasin Limpo (kiri), dan bakal calon presiden dari Partai NasDem Anies Baswedan (kanan) mendengarkan pidato politik dari Ketua Umum Surya Paloh dalam Perayaan HUT ke-11 Partai NasDem di Jakarta, Jumat (11/11/2022).

Wakil Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Ahmad Ali mengatakan partai telah resmi menerima pemberitahuan mundurnya politikus senior Siswono Yudo Husodo dari posisi Ketua Dewan Pertimbangan Partai. Ali mengatakan pemberitahuan itu disampaikan Siswono pada Selasa (27/12) sore.

"Pak Sis sudah memberikan penjelasan kepada partai, bahwa sebenarnya dia berniat mengundurkan diri sejak 2019," kata Ali, Selasa (27/12).

Menurut Ali, alasan pengunduran diri yang disampaikan Siswono dikarenakan faktor usia. Selain itu ia mengatakan, Siswono mundur dari jabatannya sebagai ketua Wantim, bukan dari parta. Dengan begitu, politikus yang pernah dua kali menjadi menteri pada masa kepemimpinan Soeharto. 

Selain itu, Ali menegaskan, mundurnya Siswono tidak ada kaitannya dengan pencalonan mantan gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden yang diusung Nasdem.

"Ya enggak benarlah (gara-gara pencalonan Anies), kan pak Sis sendiri sudah memberi penjelasan, sebenarnya beliau itu sudah (dari) 2019, cuma karena pak Surya meminta beliau untuk tetap di posisi itu, melihat hubungan panjang mereka berdua, beliau masih bertahan di jabatan itu," kata Ali.

Ali mengatakan, usia Siswono yang sudah berusia 80 tahun menjadi alasan utama pengunduran dirinya. Lebih jauh, Ali mengatakan, Siswono masih rutin berdiskusi di grup DPP partai NasDem.

"Jadi tidak ada isu-isu di luar bahwa karena 'mengundurkan diri dari partai NasDem karena aktor inilah', ya berita-berita hoaks yang tidak perlu ditanggapi," kata Ali. 

 

Reporter: Ade Rosman
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait