12 Kereta Alami Keterlambatan Imbas Banjir Semarang, KAI Ganti Tiket

PT KAI memberikan penggantian tiket 100 persen untuk penumpang yang tidak bisa melanjutkan perjalanan akibat keterlambatan pemberangkatan kereta.
Ira Guslina Sufa
1 Januari 2023, 22:21
Kereta Api
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/foc.
Sejumlah calon penumpang kereta api bersiap masuk ke dalam kereta api di Stasiun Gubeng Surabaya, Jawa Timur, Kamis (22/12/2022).

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya perjalanan kereta api sebagai imbas banjir yang menggenangi sejumlah titik di Semarang, Jawa Tengah. Kepala Humas KAI Daop I Eva Chairunisa mengatakan keterlambatan terjadi untuk keberangkatan kereta dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. 

“Banjir menyebabkan kereta yang menuju Daop 1 Jakarta tertahan atau melintas dengan pembatasan kecepatan tertentu untuk keselamatan dan keamanan perjalanan,” ujar Eva dalam keterangan tertulis, Minggu (1/1). 

Menurut Eva, keterlambatan pemberangkatan kereta disebabkan adanya banjir di wilayah Semarang dikarenakan curah hujan yang masih tinggi mulai hari Sabtu (31/12) s.d hari ini Minggu (01/01). Adapun sejumlah KA yang terganggu merupakan KA lintas utara yang akan melalui wilayah Semarang. 

Berikut sejumlah KA keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen yang mengalami keterlambatan dampak banjir di wilayah Semarang pada 1 Januari 2023: 

Keberangkatan Stasiun Gambir

- KA 7006 Gajayana Tambahan tujuan Malang

- KA 7004 Muria Tambahan tujuan Semarang Tawang

- KA 82 Taksaka tujuan Yogyakarta

- KA 7002 Argo Sindoro tujuan Semarang Tawang

- KA Argo Parahyangan tujuan Bandung 

 

Keberangkatan Stasiun Pasar Senen

1.KA 7032 Kertajaya Tambahan tujuan Surabaya Pasarturi

2.KA 162 Tawangjaya Premium tujuan Semarang Tawang

3.KA 292 Bengawan tujuan Purwosari

4.KA 130 Darmawangsa tujuan Surabaya Pasarturi

5.KA 7034 Brantas Tambahan tujuan Blitar

6.KA 110 Brantas tujuan Blitar

7.KA 256A Kertajaya tujuan Surabaya Pasar Turi 

Menurut Eva, untuk mengantisipasi kelambatan yang lebih tinggi sejumlah perubahan pola operasi juga dilakukan untuk beberapa KA. Beberapa penyesuaian antara lain KA Matarmaja, KA Brantas tambahan, KA Brantas,  KA Majapahit dan KA Brawijaya dengan berjalan memutar melalui lintas selatan melewati Cirebon, Purwokerto, Kroya, Yogyakarta, Solo, Madiun, Mojokerto, Surabaya Gubeng sehingga tidak melalui lintas utara atau wilayah Semarang. 

“Saat ini KAI  terus melakukan upaya untuk perbaikan jalur akibat genangan air tersebut dan mengalihkan aliran air agar tidak menggenangi jalur KA agar jalur Kereta Api yang terdampak banjir kembali normal dan perjalanan KA dapat beroperasi dengan lancar,” ujar Eva lagi. 

Ia mengatakan, pengguna jasa yang tidak dapat menunggu dan memutuskan untuk membatalkan perjalanan atau berganti moda transportasi maka biaya tiket akan dikembalikan 100 persen di loket Stasiun. Sementara bagi pengguna yang masih menunggu untuk KA yang mengalami keterlambatan diberikan service recovery berupa minuman dan makanan sesuai ketentuan. 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait