Jokowi - Ma’ruf Kompak Hadiri Puncak HUT Emas PDIP

Andi M. Arief
10 Januari 2023, 10:07
PDIP
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin (ketiga kiri) dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tiba dalam HUT ke-50 PDI Perjuangan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023).

Presiden Joko Widodo hadir dalam perayaan hari jadi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP ke-50. Kepala Negara menghadiri area perayaan di Jakarta International Expo bersama Wakil Presiden Ma'arif Amin, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung. 

Berdasarkan pengamatan Katadata, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya juga hadir. Acara peringatan HUT PDIP ke-50 dihiasi oleh aksi penerjun untuk mendarat di lapangan utama JIExpo demi meramaikan kegiatan HUT ke-50 PDIP. Nantinya, acara HUT ke-50 akan dihiasi oleh aksi penerjun untuk mendarat di lapangan utama JIExpo demi meramaikan kegiatan HUT ke-50 PDIP. 

Sebagai informasi, PDIP merayakan hari ulang tahun atau HUT ke-50 pada 10 Januari 2023. Perayaan hari jadi tersebut merupakan bagian dari konsolidasi partai dalam rangka pemenangan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. 

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Politik Puan Maharani menyampaikan partai sengaja tidak mengundang pimpinan partai lain atas alasan internal. Ia menyebut peringatan harlah ke-50 akan menjadi momen partai untuk menguatkan konsolidasi. Ia pun meminta maaf pada para pimpinan partai lainnya yang tak ikut diundang.  

"Ini karena hari ulang tahun PDI Perjuangan yang mana angka 50 itu kan susah. Baru 50 tahun lagi akan terjadi, jadi kami meminta maaf kepada seluruh ketua umum partai politik jika memang besok tidak berkesempatan hadir karena ini adalah kegiatan internal PDIP," kata Puan usai pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Anggota DPRD Provinsi/Kabupaten Kota Fraksi PDI Perjuangan se-Indonesia.

Puan mengatakan, Megawati berharap seluruh kader partai berlambang banteng moncong putih itu hadir pada HUT ke-50 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Dalam perayaan tersebut, nantinya tiga pilar partai akan menjadi fokus utama. Selain itu, Puan menyebut bahwa HUT ke-50, PDIP juga akan menyiapkan langkah menyambut Pemilu 2024.

“Jadi Ibu Ketua Umum berharap seluruh kader partai yang akan hadir pada esok hari, tiga pilar partainya itu kami bisa menyatu sebagai keluarga besar PDI Perjuangan, tentu saja bersiap diri dan bersilaturahmi menyiapkan menyongsong Pemilu tahun 2024,” tutur Puan.

Mengenai tidak adanya undangan bagi parpol lain di HUT ke-50 itu, Puan berjanji akan mengundang parpol di waktu yang akan datang. Namun, dia tak merinci terkait waktu, tempat dan partai politik mana saja yang akan diundang di rencana pertemuan tersebut.

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...