Resmikan Sekber, Gerindra dan PKB Makin Kompak Hadapi Pemilu

Ade Rosman
22 Januari 2023, 15:22
Gerindra PKB Prabowo Subianto
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kanan) usai melakukan Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu tahun 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Senin (8/8/2022).

Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berencana meresmikan Sekretariat Bersama (Sekber) koalisi kedua partai politik itu pada Senin (23/1). Peresmian Sekber akan dilakukan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

"Peresmian Sekber ini merupakan bagian dari rangkaian program dan komitmen koalisi yang sudah resmi terbentuk antara Gerindra dan PKB sejak beberapa bulan yang lalu," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra G. Budisatrio Djiwandono, seperti dikutip dari Antara, Minggu (22/1). 

Advertisement

Budi menjabarkan Gerindra dan PKB sebelumnya telah menandatangani Piagam Deklarasi Koalisi pada Agustus 2022. Deklarasi itu menyatakan bahwa kedua partai akan saling mendukung untuk menghadapi pemilihan umum. Koalisi ditandai dengan adanya pertukaran kunjungan antara kedua ketua umum dalam acara resmi masing-masing partai.

Budi menambahkan bahwa peresmian Sekber koalisi Gerindra-PKB akan menunjukkan kedudukan yang sejajar dalam perumusan ideologi, strategi, dan arah pembangunan bangsa. Setiap pertemuan akan melibatkan seluruh struktur kedua partai dari tingkat pusat hingga daerah.

"Sekber ini bukan hanya menjadi wadah untuk pemenangan Pemilu 2024, tetapi juga sebagai platform perjuangan bersama untuk menggabungkan pandangan, dan program masing-masing partai untuk membangun Indonesia, dalam bingkai persatuan," tutur Budi.

Selain meresmikan Sekber koalisi, pertemuan pada Senin (23/1) juga rencananya bakal menjadi wadah untuk menyampaikan hasil Ijtima Ulama Nusantara yang digelar oleh PKB. Budi memastikan bahwa Gerindra akan mendengar dan mempertimbangkan secara matang hasil Ijtima Ulama Nusantara yang disampaikan PKB.

"Pembentukan Sekber ini adalah langkah konkret dari Gerindra dan PKB untuk saling menguatkan dan membesarkan dalam menatap Pemilu 2024," ujar Budi lagi. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement