Gerindra dan Demokrat Kalahkan Golkar versi Survei, Ini Pendorongnya

Ade Rosman
26 Oktober 2022, 17:32
Gerindra
Dok. Tim Media Prabowo Subianto
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengunjungi Pondok Pesantren Api Asri Syubbanul Wathon, Tegalrejo Magelang, Jumat (23/09/2022).

Survei terbaru yang dirilis Litbang Kompas Selasa (25/10) menempatkan Partai Gerindra dan Demokrat berada di tiga besar partai dengan suara terbanyak. Perolehan suara kedua partai lebih tinggi dibanding Golkar yang hanya meraih 7,9 persen suara. 

Berdasarkan survei yang digelar pada 24 September hingga 7 Oktober 2022 itu Partai Gerindra memperoleh suara 16,2 persen. Sedangkan Demokrat meraih 14 persen suara. Di urutan pertama ada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dengan 21,1 persen suara. 

Survei yang dilakukan Litbang Kompas melibatkan 1.200 responden di seluruh Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan metode sistematis bertingkat. Adapun tingkat kepercayaan publik pada survei ini  mencapai 95 persen, dan margin of error penelitian sekitar 2,8 persen.

Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro mengatakan kenaikan signifikan elektabilitas Gerindra bisa disebabkan keputusan partai untuk mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada pilpres 2024. Gerindra mendeklarasikan pencapresan Ketua Umum itu diumumkan pada Agustus 2022. 

"Deklarasi itu dilihat oleh publik sebagai sebuah langkah kepastian dari Partai Gerindra untuk mencalonkan kembali Prabowo Subianto, sehingga membuat pemilih partai tersebut kian solid," katanya, ketika dihubungi Katadata.co.id.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...