Usulan AHY Bentuk Sekber Ubah Dinamika Koalisi Pengusung Capres Anies

Ira Guslina Sufa
27 Januari 2023, 08:09
Koalisi Perubahan pendukung Anies Baswedan
Twitter Andi Arief
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketum Nasdem Surya Paloh, Ketum PKS Ahmad Syaikhu, dan Jusuf Kalla. Foto: Twitter Andi Arief.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak Partai Nasional Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera segera membentuk Sekretariat Perubahan. Menurut AHY pembentukan Sekber partai pendukung Anies Baswedan merupakan bukti keseriusan dan komitmen Partai Demokrat dalam koalisi. 

 “Koalisi Demokrat, PKS, dan Nasdem dipersatukan oleh visi dan semangat yang sama, senasib dan seperjuangan, untuk mengemban amanah rakyat yang menginginkan perubahan dan perbaikan pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata AHY seperti dikutip dari keterangan resmi partai, Jumat (27/1). 

Advertisement

 Menurut AHY saat ini pembahasan di tim kecil Koalisi Perubahan sudah mendekati tahap final. Dia menilai, dengan rentang waktu komunikasi lebih dari enam bulan, sudah cukup untuk mengambil keputusan yang penting dan fundamental bagi ketiga partai. 

AHY menegaskan, saat ini ketiga partai sudah bersepakat dengan bulat untuk mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden pada pemilihan presiden 2024 mendatang. Hal ini menjadi modal bagi ketiga partai untuk segera merealisasikan pembentukan Sekretariat Bersama Koalisi Perubahan pengusung Anies Bacapres.

“Bagi Demokrat, Mas Anies adalah Tokoh Perubahan dan Perbaikan,” ujar AHY. 

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali menyambut baik usulan dari AHY untuk segera merealisasikan pembentukan sekretariat bersama pendukung Anies Capres. Namun Ali belum bisa memberikan pernyataan resmi mengenai sikap Nasdem lantaran baru mendengar usul pembentukan sekber dari AHY lewat media. 

Perkuat Koalisi

Gagasan AHY agar koalisi pendukung Anies segera membentuk sekretariat bersama mendapat sambutan dari Anies. Sudirman Said yang menjadi tokoh penghubung Anies dengan ketiga partai pengusung mengatakan usulan sekretariat bersama Koalisi Perubahan sudah dibicarakan mendalam bersama ketiga partai politik. 

"Secepatnya direalisasikan," kata Sudirman seperti dikutip dari Antara, Jumat (27/1).. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement