Surya Paloh Datangi Kantor Golkar Hari Ini, Nasdem Jelaskan Alasannya

Ira Guslina Sufa
1 Februari 2023, 08:29
Ketua Umum Nasdem Surya Paloh
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh berjalan menuju presidensial lounge di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh hari ini akan mendatangi kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar di Kawasan Jakarta Barat. Pertemuan dijadwalkan berlangsung pada pukul 11.00 WIB. 

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasdem Sugeng Suparwoto mengatakan saat kunjungan Paloh akan didampingi sejumlah pengurus pusat. Pertemuan merupakan agenda yang sudah disiapkan Partai sejak beberapa waktu lalu. Ia memastikan kunjungan tidak akan mempengaruhi hubungan dengan partai koalisi pendukung Anies Baswedan yaitu Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera.

“Nasdem partai terbuka kami ingin berkomunikasi dengan siapapun tanpa lantas mendekonstruksi apa yang sudah dibangun,” ujar Sugeng seperti dikutip dari instagram resmi Partai Nasdem @official_nasdem, Rabu (1/2).

Menurut Sugeng pertemuan dengan para petinggi partai lain di luar partai koalisi merupakan upaya Nasdem untuk membangun komunikasi politik. Sebelumnya Nasdem juga telah bertamu ke sekretariat bersama Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa. 

“Kalau itu dianggap sebagai sebuah manuver entah apa ya bisa saja silakan dibaca sebagai sebuah manuver, tapi sah saja,” ujar Sugeng. 

Menurut Sugeng, kunjungan ke partai lain di luar koalisi juga ditujukan untuk meningkatkan basis dukungan. Ia menyebutkan tidak tertutup kemungkinan koalisi pendukung Anies akan bertambah menjelang pelaksanaan pilpres. 

Saat ini, Anies Baswedan yang merupakan calon presiden yang diusung Nasdem telah mengantongi dukungan dari koalisi partai yang memiliki lebih dari 25% suara sah pada pemilu 2019. Dengan dukungan itu, Anies sudah memastikan tiket untuk maju dalam pilpres. 

Partai koalisi pendukung Anies kini tengah menyiapkan waktu deklarasi bersama pencalonan Anies. Selain itu tim kecil yang merupakan perwakilan dari ketiga partai tengah merampungkan piagam koalisi yang berisi kesepakatan ketiga partai dalam mengusung Anies sebagai calon presiden. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Advertisement

Artikel Terkait