DPR Nilai Status Tersangka Mahasiswa UI yang Tewas Kecelakaan Janggal

Ade Rosman
2 Februari 2023, 14:30
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas
ilustrasi
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas

Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat menilai terdapat ketidakprofesionalan dalam penanganan kasus yang menewaskan mahasiswa Universitas Indonesia, Muhammad Hasya Attalah Syahputra. Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari menyoroti beberapa poin dalam peristiwa yang melibatkan pensiunan Polri, AKBP (Purn) Eko Setia BW tersebut. 

Advertisement

"Ketidakadilannya kami lihat terkait adanya hal yang tidak sesuai dengan ketentuan aturan hukum acara pidana," kata Taufik kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Kamis (2/2).

Lebih jauh Taufik mengatakan penetapan Hasya yang sudah tewas sebagai tersangka tidak pas dan tidak menunjukkan rasa empati. Menurut dia, ketika seseorang meninggal, tuntutan pidana terhadap seseorang yang dimintakan pertanggungjawaban seharusnya gugur.

"Dalam penanganan suatu perkara tentu perlu rasa manusiawi, rasa empati pun harus berjalan, tidak hanya semata persoalan hukum saja," kata Taufik. 

Hak lain yang disoroti Komisi Hukum adalah aparat kepolisian Polda maupun Polres melihat kasus tersebut hanya semata-mata persoalan kecelakaan lalu lintas semata. Padahal, kata Tobas, pada kasus tersebut ada hal lain yang bisa disoroti di antaranya pembiaran orang yang membutuhkan pertolongan.

Taufik menilai sejumlah hal mengindikasikan adanya ketidakprofesionalan penegak hukum dalam menangani perkara. "Mulai dari respons penyidik ketika mendapat pelaporan, kemudian cara memberitahukannya, bagaimana komunikasi dengan pihak korban," kata Taufik lagi.

Atas kejanggalan yang terlihat, komisi III kemudian mengagendakan rapat dengar pendapat umum atau RDPU dengan Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Mahardhika Attorney At Law dan Kresna Guntaro & Partners Law Office pada Kamis (2/2). Namun, RDPU tersebut ditunda karena bertepatan dengan rencana keluarga Hasya ke Polda.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement