Setelah Surya Paloh Giliran PKS Temui Airlangga, Bahas Soal Apa?

Ade Rosman
7 Februari 2023, 11:35
PKS ke kantor Golkar
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.
Ketua DPP Partai NasDem Fauzi Amro (kiri) bersama Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman (tengah) dan Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi (kanan) berjalan sebelum pertemuan tertutup di NasDem Tower, Jakarta, Jumat (3/2/2023).

Partai pengusung Anies Baswedan pada pemilihan presiden 2024 ramai-ramai mendatangi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Setelah Ketua Umum Partai Nasional Demokrat bertandang pada Rabu (1/1) lalu kini giliran petinggi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang berkunjung ke kantor DPP Golkar.

Juru Bicara PKS Pipin Sopian mengatakan kunjungan diagendakan berlangsung hari ini, Selasa (7/2) sore. Rombongan akan dipimpin oleh Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Alhabsy. Menurut Pipin salah satu agenda yang akan dibahas berkaitan dengan pemilihan presiden. 

"Agendanya silaturahim dan mengajak Golkar bergabung koalisi perubahan mengusung Pak Anies Baswedan sebagai Calon Presiden di Pilpres 2024," kata Pipin. 

Sebelum berkunjung ke Golkar, sebelumnya PKS telah berkunjung ke kantor DPP Nasdem. Kunjungan merupakan bagian dari komunikasi politik antar kedua partai yang telah menyatakan dukungan kepada Anies baswedan maju dalam pilpres. Selain PKS dan Nasdem, Anies juga telah diusung sebagai capres oleh Partai Demokrat. 

Menanggapi pertemuan PKS dengan Golkar tersebut, Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan telah mengetahui rencana itu. Menurut Herzaky PKS telah berkomunikasi dengan Demokrat terkait rencana kunjungan. 

"Demokrat mendukung pertemuan ini karena jika ada partai lain yang juga ingin ikut serta dalam Koalisi Perubahan ini, Demokrat akan menyambut baik," kata Herzaky, Selasa (7/2).

Herzaky berharap, dengan adanya pertemuan lintas parpol bisa membangun suasana yang cair dan sejuk menyambut Pemilu 2024. Hal ini sejalan dengan pernyataan Surya Paloh usai berkunjung ke Golkar dan bertemu dengan Airlangga. 

"Sama-sama mungkin. Mungkin KIB bergabung dengan NasDem kan. Jadi probability kemungkinan itu masih terbuka," kata Surya Paloh di kantor DPP Partai Golkar, Rabu (1/2).

Reporter: Ade Rosman
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Advertisement

Artikel Terkait