Bandara Ngurah Rai Buka Penerbangan Langsung ke Xiamen China

Nadya Zahira
6 Maret 2023, 06:53
Bandara
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/foc.
Penumpang berjalan di Terminal Kedatangan Domestik setibanya di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (1/3/2023).

Kementerian Perhubungan atau Kemenhub mengumumkan pembukaan penerbangan langsung atau direct flight dari China. Penerbangan menggunakan rute Bandara Gaoqi Xiamen, menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, dengan frekuensi penerbangan setiap hari.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni mengatakan pembukaan penerbangan langsung dilakukan guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. Kebijakan ini diharapkan dapat mengerek perekonomian masyarakat Bali dan umumnya Indonesia. 

"Kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) dari China ini berdampak positif bagi pariwisata dan perekonomian Bali. Mengingat China merupakan salah satu potensi market bagi pariwisata di Bali," ujar Kristi, melalui siaran pers, Senin (6/3).

Kristi menyebutkan, saat ini tercatat sebanyak 1.143 wisman asal China datang ke Bali sejak awal tahun 2023. Penerbangan langsung Xiamen – Denpasar menjadi penerbangan reguler pertama setelah pandemi Covid-19. 

Penerbangan pertama Xiamen - Bali usai pandemi telah dibuka kembali sejak Jumat (3/3) lalu. Penerbangan tersebut menggunakan pesawat Xianmen Airlines Boeing 738-800 dengan kapasitas 169 kursi. Adapun untuk jadwal kedatangan pesawat dari Xiamen yakni, pada pukul 23.15 dan kembali ke Xiamen pada pukul 00.15 WITA. 

Sebelumnya Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai telah melayani penerbangan charter dari Shenzen (SZX) – Denpasar (DPS) seminggu sekali. Penerbangan menggunakan maskapai Lion Air dengan pesawat Boeing 737-900. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...