Di Silaturahmi KAHMI, Anies Singgung Ada Menko Dukung Ubah Konstitusi

Ade Rosman
17 Maret 2023, 12:19
Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.
Bakal Calon Presiden yang diusung Partai Demokrat Anies Baswedan (kiri) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) menyapa kader dan simpatisan saat akan menghadiri dialog gagasan Partai Demokrat di Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyinggung ada Menteri Koordinator atau Menko yang menyatakan dukungan untuk mengubah konstitusi. Anies menyampaikan hal tersebut dalam acara 'Silaturahmi dan Dialog Kebangsaan Tokoh KAHMI" yang digelar Keluarga Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Jaya di Ancol, Jakarta, Kamis (16/3) malam.

"Kok ada orang yang berada dalam posisi kunci, posisi kunci nih, Menko, mengatakan mengubah konstitusi dengan jumlah orang seberapa banyak yang mau mendukung," kata Anies seperti dikutip dari kanal youtube Kahmi Official, Jumat (17/3). 

Pada kesempatan tersebut, Anies mengatakan ia menyayangkan pernyataan mengubah konstitusi oleh Menko tersebut dilakukan di ruang terbuka. Meski begitu Anies tidak menyebut dengan detail siapa menko yang ia maksud.

Adapun dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo terdapat 4 jabatan Menko. Mereka adalah Menko Ekonomi, Menko Politik Hukum dan Keamanan, Menko Maritim dan Investasi dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. 

Mulanya, Anies mengatakan kualitas demokrasi di Indonesia tidak menurun. Namun, menurutnya pihak-pihak yang tidak komit terhadap prinsip demokrasi kini lebih berani mengungkapkan pikirannya.

"Karena itu, kita yang komit pada demokrasi harus lebih kuat lagi mengungkapkan pikiran kita," kata Anies. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...