Sinyal 3 Poros Capres Menguat, Prabowo: Kami Tim Jokowi Sekarang

Ira Guslina Sufa
2 April 2023, 17:06
Presiden Jokowi bertemu Prabowo
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kedua kiri), dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) memberikan keterangan pers usai menghadiri acara Silaturahmi Ramadhan 1444 H DPP PAN di Kantor DPP PAN, Jakarta, Minggu (2/4/2023).

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku menemukan kesamaan pemikiran dengan empat ketua umum partai politik mengenai pemilihan presiden 2024 mendatang. Hal itu disampaikan Prabowo usai lima ketua umum partai pendukung pemerintah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Kantor DPP Partai Amanat Nasional, Minggu (2/4). 

"Ternyata ada (kesamaan), kami merasakan ada frekuensi yang sama, ada kecocokan dan kalau dilihat dari pimpinan partai, kami sudah masuk dengan Cak Imin kami masuk timnya Pak Jokowi semua sekarang," kata Prabowo Subianto usai pertemuan. 

Advertisement

Pertemuan yang berlangsung di kantor DPP PAN dirajut dalam tema silaturahmi dengan presiden. Namun kemudian Jokowi melakukan pertemuan tertutup dengan 5 ketua umum partai. Mereka adalah Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Mardiono. 

Sebelumnya kelima partai politik tergabung dalam dua koalisi berbeda. Golkar, PAN dan PPP bergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu. Sedangkan Gerindra dan PKB tergabung dalam Koalisi Indonesia Raya. Dengan adanya pernyataan kesatuan yang disampaikan Prabowo maka sinyal kelima partai tergabung dalam satu koalisi besar terbuka lebar. 

Menurut Prabowo kesepakatan untuk bergabung dalam koalisi besar didasari pada dinamika yang terjadi. Kelima partai bersepakat bahwa banyak tantangan yang dihadapi dalam berbangsa dan bernegara. Prabowo menyebut tantangan geopolitik menjadi salah satu pertimbangan. 

“Untuk ini kami butuh kerja sama yang solid, frekuensi yang sama," ujar Prabowo.

Lebih jauh Prabowo mengatakan setelah ini ketua umum lima partai akan lebih sering bertemu. Salah satu yang menjadi perhatian adalah memastikan keberlanjutan pembangunan yang selama ini telah dilakukan di masa pemerintahan Jokowi dan Ma’ruf Amin  bisa terus berjalan. 

Meski begitu Prabowo menyebut para ketua umum belum membahas secara spesifik mengenai calon presiden yang akan diusung. Namun, dia mengakui elektabilitasnya sebagai bakal capres di beberapa survei naik karena pemerintahan dianggap berhasil.

"Kami ini bagian dari pemerintah, kalau pemerintah berhasil ya kami ikut naik, kalau pemerintah tidak bagus kami ikut turun, saya kira sederhana itu ya," ujar Prabowo. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement