LRT Beroperasi Juli 2023, Pemerintah Gratiskan Tiket Selama Sebulan

Andi M. Arief
27 April 2023, 18:00
LRT
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.
Kendaraan melintas di bawah stasiun kereta 'Light Rail Transit' (LRT) yang masih dalam proses pembangunan di Kuningan, Jakarta, Senin (6/2/2023).

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengumumkan Kereta Api Ringan atau LRT akan beroperasi mulai awal Juli 2023. Menurut Kartika moda transportasi teranyar tersebut akan dibebaskan biaya selama sebulan pertama.

Wamen mengatakan LRT akan diresmikan pada 18 Agustus 2023. Saat ini konstruksi rel LRT telah rampung. Sedangkan pembangunan stasiun kereta yang akan menghubungkan Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi tersebut sedang dipercepat.

"Juli itu kami mulai operasi, tapi masih free. Untuk testin saja, sambil nanti menunggu peluncuran bersama-sama," kata Tiko di Kompleks Kepresidenan, Kamis (27/4).

Saat ini perkembangan konstruksi proyek LRT Jabodebek sudah mencapai 89,11% pada awal Februari 2023. LRT Jabodebek akan dioperasikan menggunakan sistem Communication-Based Train Control (CBTC) dengan Grade of Automation (GoA) level 3.

Sistem CBTC adalah sistem pengoperasian kereta berbasis komunikasi. Ini membuat sistem dapat mengoperasikan kereta dan memproyeksikan jadwal secara otomatis dari pusat kendali operasi tanpa masinis.

Dalam satu hari, rata-rata LRT Jabodebek akan beroperasi sebanyak 434 perjalanan dengan kapasitas 1.308 di setiap rangkaiannya. Nantinya, LRT Jabodebek akan beroperasi mulai pukul 05.00 s.d 23.27.

Waktu antara atau headway mencapai 4 menit untuk Stasiun Dukuh Atas ke Cawang serta 8 menit dari Cawang ke Harjamukti dan Cawang ke Jati Mulya.

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus mengatakan pihaknya berkolaborasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam proyek tersebut. Ini untuk memastikan akuntabilitas proyek LRT Jabodebek agar dapat dipertanggungjawabkan.

Joni mengatakan transparansi perusahaan yang dinilai BPKP menunjukkan KAI konsisten menerapkan GCG. Dalam hasil asesmen GCG 2021 dan penilaian Indonesian Corporate Accountability Index (Icorpax) tahun 2022 oleh BPKP Jawa Barat, KAI mendapat nilai sangat baik.

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...