Koalisi Perubahan Kantongi 5 Kandidat Cawapres Anies, Kapan Diumumkan?

Ade Rosman
5 Mei 2023, 10:21
Anies Baswedan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) menyapa peserta saat Diskusi Kebangsaan Demi Indonesia di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

Partai Nasional Demokrat atau Nasdem mengumumkan telah ada lima nama kandidat calon wakil presiden yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Salah satu dari lima kandidat tersebut akan mendampingi Anies Baswedan maju sebagai capres dan cawapres pada pemilihan presiden 2024 mendatang.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Hermawi Taslim mengatakan, kelima kandidat tersebut merupakan hasil rekomendasi bersama partai politik pendukung Anies yakni Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Rencananya nama cawapres akan ditetapkan pada Juli 2023. 

"Lima kandidat itu sudah, dan sedang dibicarakan di koalisi," kata Hermawi saat dihubungi, Jumat (5/5).

Meski demikian, ia tidak memberikan informasi lebih mendalam terkait kandidat pasangan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Hermawi mengatakan saat ini tengah dalam proses pengerucutan.

Sebelumnya, kabar lima kandidat pasangan Anies tersebut disampaikan Ketua DPP Partai Nasdem, Sugeng Suparwoto. Dalam diskusi 'Menakar Peluang Capres dan Format Koalisi Parpol 2024' yang disiarkan secara daring Rabu (3/5) lalu, Sugeng menyampaikan perkembangan pencarian kandidat cawapres. 

"Sekarang sudah ada lima kandidat yang sudah mengerucut," kata Sugeng. 

Kriteria Cawapres  Pendamping Anies

Sebelumnya tim kecil Koslisi Perubahan telah mengumumkan kriteria cawapres yang dicari Anies. Perwakilan Anies di tim kecil, Sudirman Said mengatakan Anies mencari kandidat cawapres dengan elektabilitas tinggi dengan kerentanan politik rendah. 

Kedua, figur yang diharapkan bisa membantu dalam menjalankan pemerintahan yang efektif. Lalu ketiga, tokoh yang bisa menjaga keseimbangan koalisi.

Selanjutnya kriteria keempat, tokoh tersebut harus memiliki visi yang sama dengan Anies. Dan kelima, mampu bekerja sama sebagai dwitunggal, baik itu saat menghadapi pilpres 2024 maupun ketika terpilih sebagai pemimpin nantinya.

"Itu kami timbang semuanya dan mencari yang terbaik, mendengar masyarakat," kata Sudirman akhir Maret lalu. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...