Jokowi Akan Beri Hadiah Timnas Indonesia Usai Raih Emas di SEA Games

Andi M. Arief
18 Mei 2023, 00:25
Jokowi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.
Presiden Joko Widodo menyampaikan pengarahan.

Presiden Joko Widodo mengatakan akan memberikan hadiah pada kesebelasan Garuda Muda yang telah menaklukkan Thailand dengan skor 5-2 pada pertandingan Selasa (16/5). Kepala Negara terekam menonton laga final SEA Games 2023 cabang olahraga Sepak Bola tersebut dengan beberapa menteri dan paspampres di Medan, Sumatra Utara.

Presiden Widodo mengatakan kemenangan timnas sepak bola tersebut telah ditunggu selama 32 tahun terakhir. Oleh karena itu, pemerintah akan memberikan hadiah kepada timnas atas kemenangan tersebut.

"Hadiah nanti dipikirkan lah, tapi kami beri nanti. Ini betul-betul ditunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia, sudah 32 tahun," kata Presiden Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Rabu (17/5).

Presiden Jokowi menilai kemenangan tersebut disebabkan oleh mental juara yang dimiliki oleh timnas. Jokowi mengatakan para pemain timnas bermain tanpa beban mental saat menyaksikan laga tersebut secara langsung.

Dari lima gol yang diraih dalam pertandingan, tiga gol tercipta di babak tambahan waktu. Jokowi mengaku ikut senang menuju detik akhir babak kedua. Pasalnya, kedudukan saat itu menunjukkan 2-1 untuk Indonesia.

Namun wasit memutuskan untuk masih melanjutkan permainan dan berujung robeknya gawang Indonesia.  Thailand kemudian menyamakan skor di masa injury time menjadi 2-2, lewat gol Yotsakon Burapha. Laga pun lanjut ke babak tambahan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...