Polri Tangkap Pimpinan KKB Papua yang Tembak TNI di Insiden Yahukimo

Ira Guslina Sufa
21 Mei 2023, 19:30
Mabes Polri
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan (kedua kanan) memberikan keterangan kepada media di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (22/2/2023).

Markas Besar Kepolisian RI mengumumkan telah menangkap seorang pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan mengatakan pimpinan KKB yang tertangkap berinisial KTH alias PH.

"(Ditangkap) pada hari Jumat, 19 Mei 2023, pukul 13.30 WIT," kata Ahmad Ramadhan dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (21/5).

Ramadhan mengatakan KTH alias PH diduga terlibat dalam sejumlah aksi kejahatan yang dilakukan KKB di wilayah hukum Polres Yahukimo, Papua Pegunungan. Aksi kejahatan tersebut di antaranya pembunuhan terhadap anggota TNI pada 4 November 2022. 

Selain itu KTH alias PH juga terlibat dalam penembakan anggota Polres Yahukimo, yang mengakibatkan Brigpol Usdar meninggal dunia. Kejadian itu terjadi pada 29 November 2022.

Terduga pimpinan KKB itu juga disebut terlibat dalam penembakan anggota Brimob Satgas Preventif pada 30 November 2022. Aksi lain adalah penembakan  Polres Yahukimo pada 30 Desember 2022. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...