Anies Nilai Sistem Pemilu Proporsional Tertutup Kemunduran Demokrasi

Ade Rosman
30 Mei 2023, 20:21
Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersiap menyampaikan pidato saat peresmian relawan IndonesiAnis di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Selasa (2/11/2022).

Bakal calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan menilai demokrasi di Indonesia akan mundur bila pemilu kembali dilaksanakan dengan sistem proporsional tertutup. Menurut Anies banyak manfaat yang diperoleh dari penerapan sistem pemilu terbuka yang telah diterapkan. 

"Sistem proporsional terbuka harus dipertahankan," kata Anies, di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (30/5).

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut berpandangan sistem pemilu proporsional terbuka menjadi indikator kekuasaan ada di tangan rakyat. Dia menyebut dengan sistem ini pemilih bisa langsung menentukan calon legislatif yang sesuai hati.   

Menurut Anies, praktik baik pelaksanaan pemilu yang telah berjalan harus terus dijaga. Ia menyebut Indonesia akan kembali ke era pra demokrasi bila sistem pemilu dikembalikan menjadi tertutup.

Penerapan pemilu dengan sistem proporsional tertutup akan membuat pemilih hanya bisa mencoblos  partai politik. Selanjutnya penentuan figur yang akan duduk di parlemen ditentukan oleh partai.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...