Tok! Anies Sudah Putuskan Nama Cawapres, Deklarasi Digelar di GBK

Ira Guslina Sufa
2 Juni 2023, 20:05
Anies Baswedan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) menyapa peserta saat Diskusi Kebangsaan Demi Indonesia di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasional Demokrat, Willy Aditya menyatakan Anies Baswedan telah mengantongi satu nama calon wakil presiden yang akan mendampinginya pada pemilihan presiden 2024 mendatang. Nama cawapres tersebut telah dibahas dan ditetapkan dalam tim delapan. 

Menurut Willy usai menetapkan satu nama, Anies melakukan sejumlah langkah strategis untuk mengukuhkan putusan itu. Anies pun langsung menemui para tokoh kunci di Koalisi Perubahan dan Persatuan. 

Advertisement

"Cawapres sudah kami putuskan di tim delapan jadi satu nama. Kemarin, Anies ke Pacitan untuk menyampaikan hasil tim ke Susilo Bambang Yudhoyono," kata Willy di Kantor DPP Nasdem, Jakarta, Jumat, (2/6). 

Anies Baswedan merupakan bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan dan Persatuan yang terdiri dari Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sesuai kesepakatan koalisi, penentuan calon wakil presiden dipilih oleh Anies dengan kesepakatan partai pengusung. Karena itu usai bertemu dengan SBY, Anies melanjutkan pertemuan dengan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dan Presiden PKS. 

"Hari ini ke Bapak Surya Paloh dan nanti dijadwalkan ke Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Habib Salim Segaf Al-Jufri," ujar Willy lagi. 

Tim delapan terdiri dari Partai Nasdem diwakili oleh Sugeng Suparwoto dan Willy Aditya yang menjabat sebagai Ketua DPP Partai Nasdem. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diwakili oleh Wakil Ketua Majelis Syuro Sohibul Iman dan Ketua DPP Al-Muzammil Yusuf.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement