Perindo Teken Kerja Sama Politik dengan PDIP Dukung Ganjar Maju Capres

Ira Guslina Sufa
9 Juni 2023, 09:02
Perindo
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nym.
Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (kanan) bersama Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi (kiri) menyapa petugas KPU saat pengajuan berkas bakal calon legislatif (bacaleg) Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Minggu (14/5/2023).

Partai Perindo akan mendatangi kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan hari ini, Jumat (9/6). Berdasarkan agenda yang disampaikan, Perindo akan mendeklarasikan secara resmi dukungan untuk Ganjar Pranowo maju sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang. 

Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo direncanakan akan langsung mengumumkan dukungan untuk Ganjar. Rombongan Perindo yang dijadwalkan tiba pukul 09.00 WIB akan disambut langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto telah mengkonfirmasi rencana dukungan Perindo untuk Ganjar. Menurut Hasto selain memberikan dukungan resmi, kegiatan hari ini akan dilakukan dengan pembahasan kesepakatan strategis antara PDIP dan Perindo untuk menghadapi pilpres. 

“Akan dilanjutkan dengan kerja sama politik bersama dengan Partai Perindo,” kata Hasto kepada media di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP kemarin. 

Menurut Hasto penandatangan kerja sama akan mengeratkan hubungan antara dua partai. Dukungan dari Perindo menurut Hasto akan menambah amunisi tim pemenangan Ganjar di pilpres. 

Hasto menjelaskan dalam menghadapi pilpres 2024, PDIP mengedepankan semangat kerja sama. Hal ini ditandai dengan upaya partai membangun komunikasi dengan partai-partai lain di luar partai yang telah menyatakan dukungan resmi untuk Ganjar seperti Partai Amanat Nasional dan Golkar. 

Selain diusung PDIP, saat ini Ganjar telah mengantongi dukungan dari Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Hanura. Tim pemenangan Ganjar saat ini tengah menyusun strategi terutama dalam penentuan calon wakil presiden pendukung Ganjar. 

Menurut Hasto, dalam penentuan cawapres PDIP sangat membuka diri untuk seluruh tokoh potensial. Bahkan, PDIP juga membuka peluang mengusung Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai kandidat cawapres. Hal ini menurut dia menunjukkan  semangat untuk merangkul seluruh elemen politik.

“Ketika nama itu muncul, Mas AHY disampaikan Mbak Puan Maharani (Ketua DPP PDI Perjuangan), spirit yang ada kan spirit yang merangkul seluruh elemen politik,” kata Hasto.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...