PDIP Ajak PKB Gabung Dukung Ganjar, Muhaimin Minta Tenggat 3 Bulan

Ade Rosman
27 Juli 2023, 16:48
PDIP ajak PKB
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa.
Ketua Bidang Politik dan Keamanan PDI Perjuangan Puan Maharani menyampaikan pidato saat menghadiri Rapat Konsolidasi Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Selatan di Palembang, Jumat (3/3/2023).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Puan Maharani bertandang ke rumah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin iskandar. Pertemuan yang berlangsung sekitar 2 jam itu diawali dengan makan siang bersama. 

Dalam pertemuan itu, Puan mengatakan salah satu yang dibahas adalah dinamika politik jelang pemilihan presiden. PDIP saat ini telah mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju di pilpres. Sedangkan PKB sedang membangun komunikasi dengan Partai Gerindra untuk mendukung Prabowo Subianto. 

Puan mengatakan, meski saat ini PKB sudah intens membangun komunikasi dengan Gerindra, PDIP tetap menawarkan Muhaimin untuk membawa gerbong partainya mendukung Ganjar. Dia berharap kerjasama yang sudah terbangun antara PDIP dan PKB dapat berlanjut. 

“Tentu saya harus menghormati hal tersebut, namun namanya politik itu dinamis, tentu saja masih ada kemungkinan untuk bisa menjalin komunikasi yang lebih intensif,” ujar Puan usai pertemuan tertutup. 

Menurut Puan, PDIP dan PKB sudah hampir 10 tahun bekerjasama dalam pemerintahan. Selain itu ia mengaku sangat senang bekerja sama dengan PKB di parlemen. Puan pun menegaskan ajakan kepada PKB bergabung dengan PDIP merupakan arahan langsung dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

“Jadi tentu ini salah satu hal yang saya lakukan untuk menuju pemilu 2024. Dan  bagaimana insyaAllah nanti calon presiden Ganjar Pranowo nanti bisa menjadi pemenangnya,” ujar Puan.  

Koalisi Tanpa Syarat

Di sisi lain, Puan mengatakan ajakan kepada PKB untuk bergabung dengan PDIP tap dibumbui dengan syarat tertentu. Ia mengatakan PDIP terbuka untuk berkoalisi dengan partai manapun yang memiliki visa dan misi yang sama. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...