Surya Paloh Jodohkan Anies-Muhaimin di Pilpres, Demokrat: Kami Dipaksa

Ade Rosman
31 Agustus 2023, 19:22
Demokrat
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan pidato yang mengangkat tema Agenda Perubahan dan Perbaikan untuk Indonesia yang Lebih Baik, di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (14/7) malam.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya mengungkapkan adanya kesepakatan sepihak yang disetujui Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh dengan Anies Baswedan. Dalam kesepakatan itu Surya Paloh sepakat mengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di pemilihan presiden 2024 mendatang. 

"Kemarin, 30 Agustus 2023, kami mendapatkan informasi dari Sudirman Said, mewakili Capres Anies Baswedan, bahwa Anies telah menyetujui kerja sama politik Partai Nasdem dan PKB,” kata Riefky dalam keterangan resmi, Kamis (31/8). 

Menurut Riefky kesepakatan antara Surya Paloh dengan Anies disetujui tanpa melibatkan Partai Demokrat. Riefky mengatakan, Partai Demokrat telah melakukan konfirmasi pada Anies, dan ia menyebut kabar tersebut benar adanya.

"Berita tersebut adalah benar. Demokrat “dipaksa” menerima keputusan itu (fait accompli)," kata Riefky.

Riefky mengatakan, menanggapi keputusan kerjasama yang disetujui Surya Paloh tersebut, Partai Demokrat akan melakukan rapat Majelis Tinggi Partai untuk mengambil keputusan selanjutnya. Sesuai dengan AD/ART Partai Demokrat tahun 2020.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...