SBY Tunggu Waktu Tepat Umumkan Arah Baru Dukungan Demokrat di Pilpres

Ade Rosman
1 September 2023, 18:52
SBY
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Ketua Umum DPP Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono saat sambutan Rapat Kerja Nasional di Hotel Lombok Raya, Mataram, NTB, Senin (8/5).

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menyarankan Partai Demokrat menahan untuk mengambil keputusan dalam satu atau dua hari ke depan terkait langkah politik dalam pemilihan presiden 2024. Sikap politik itu diperlukan setelah Anies Baswedan mengkonfirmasi menerima perjodohan untuk maju di pilpres dengan menggandeng Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

“Menurut pandangan saya saat ini, hari ini, besok, atau lusa, belum saatnya kita mengambil keputusan ke mana Demokrat akan bergabung misalnya, atau capres mana yang kita dukung,” kata SBY memimpin rapat Majelis Tinggi Demokrat yang berlangsung di Kediaman SBY di Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/9) sore.

Menurut SBY pengalaman saat menjadi prajurit mengajarkan untuk tidak mengambil keputusan penting saat masih diliputi keadaan emosi. Ia mengingatkan Demokrat tidak tergesa-gesa mengambil keputusan, karena dapat menghasilkan keputusan yang keliru.

SBY pun menginstruksikan agar Partai Demokrat menghadapi permasalahan yang saat ini tengah dihadapi dengan terlebih dahulu menenangkan hati dan pikiran.  

“Tidak berarti lama (mengambil keputusan), bisa cepat juga. Tetapi kuncinya lepaskan dulu emosi itu, bikin semuanya rasional dan tenang, sehingga keputusan tidak salah, keputusannya tepat,” kata SBY.

Rapat Majelis Tinggi Partai Demokrat yang dilaksanakan di kediaman SBY itu merupakan buntut dari perjodohan yang dilakukan Surya Paloh untuk memasangkan Anies dan Muhaimin dalam Pilpres 2024. Demokrat menilai perjodohan itu sepihak. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...