Sebut Demokrat Ditelikung dari Belakang, SBY: Kami Diselamatkan Tuhan

Ade Rosman
1 September 2023, 17:21
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono SBy
Youtube Partai Demokrat
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memimpin rapat untuk menentukan sikap ihwal dukungan terhadap Anies Baswedan di pemilihan presiden 2024. Rapat berlangsung di Kediaman SBY di Cikeas yang disiarkan secara daring.

Dalam pidatonya SBY mengatakan sangat memahami perasaan kader Demokrat di berbagai daerah yang diliputi emosi setelah Anies memilih Muhaimin menjadi cawapres. Ia meminta kader Demokrat bersikap lebih tenang dan mengambil langkah lanjutan ke depan. 

“Saya minta mari tenangkan hati dan pikiran kita. Ini bukan kiamat. Ini bukan akhir dari perjuangan kita, bukan. Ini harus dimaknai sebagai ujian dan cobaan harus dihadapi dan diatasi,” ujar SBY seperti disiarkan melalui channel youtube Partai Demokrat, Jumat (1/9). 

Presiden RI ke-6 ini menjelaskan dinamika politik yang terjadi dalam tiga hari terakhir sangat mengejutkan dan tidak disangka. Bahkan SBY mengatakan hal ini sebagai sesuatu yang luar biasa dan di luar nalar politik. Hal itu disampaikan SBY merujuk pada kesepakatan politik yang dibuat antara Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh bersama Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar.  

Pada Selasa (29/8) malam Demokrat mengklaim Surya Paloh dan Anies secara sepihak telah membuat kerja sama dengan PKB. Hal itu membuat Demokrat merasa telah dikhianati dan ditinggal. Padahal menurut SBY, sesuai kesepakatan koalisi dibangun dengan kesetaraan dan keadilan. Meski begitu, SBY mengatakan Demokrat masih harus bersyukur karena menyadari kekeliruan dan membangun koalisi lebih dini. 

“Kami telah ditelikung dan ditinggalkan seperti ini sekarang. Bayangkan kalau ditelikungnya kami ini satu dua hari sebelum batas pendaftaran ke KPU. Bayangkan seperti apa,” ujar SBY. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...