Adu Tajir 3 Capres, Berapa Harta Kekayaan Prabowo, Ganjar dan Anies?

Ira Guslina Sufa
8 September 2023, 14:05
Harta Kekayaan Capres
Katadata
Foto: Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto.

Menjelang masa pendaftaran calon presiden dan wakil presiden ke Komisi Pemilihan Umum, nama tiga kandidat terus mengemuka. Masing-masing calon pun telah mengantongi dukungan sesuai ketentuan Undang-Undang tentang Pemilu. 

Ketiga nama yang digadang maju di pilpres adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Prabowo telah mengantongi dukungan dari Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang dan Partai Gelora. 

Ganjar Pranowo diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang memiliki tiket untuk mengusung calon presiden tanpa harus berkoalisi. Meski begitu Ganjar juga mendapat dukungan dari Partai Persatuan Pembangunan, Hanura, dan Perindo. Sedangkan Anies Baswedan mendapat dukungan dari Partai Nasional Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Keadilan Sejahtera. 

Di antara tiga nama calon presiden, baru Anies yang telah memilih calon wakil presiden. Anies memilih Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan bertekad menjadi pasangan pertama yang akan daftar di KPU. Sedangkan Ganjar dan Prabowo belum menetapkan calon wakil presiden yang akan diusung. 

Merujuk pada jadwal dan tahapan pemilu yang telah dirilis KPU, masa pendaftaran capres dan cawapres akan dimulai pada 19 Oktober dan berakhir pada 25 November 2023. Adapun pemilu akan dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2024. 

Berapa Harta Kekayaan Kandidat Capres Berdasarkan LHKPN? 

Harta Kekayaan Prabowo Subianto 

Merujuk Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara yang disampaikan 31 Maret 2023, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memiliki harta senilai Rp 2,03 triliun. Harta Prabowo didominasi oleh surat berharga senilai Rp 1,7 triliun dan  tanah dan bangunan dengan nilai Rp 275,3 miliar. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...