Jawaban Prabowo Soal Politik Uang: Kalau Ada yang Bagi, Terima Saja

Nur Hana Putri Nabila
20 September 2023, 07:18
Prabowo Subianto
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan kata sambutan saat menghadiri perayaan HUT ke-25 PAN di Jakarta, Senin (28/8/2023).

Bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto memberi pernyataan soal sikapnya atas fenomena politik uang yang kerap terjadi saat pemilu dan pilpres. Pernyataan itu disampaikan Prabowo saat menjadi salah satu narasumber dalam acara adu gagasan tiga capres yang disiarkan Narasi TV, Selasa (19/9). 

Dalam dialog tersebut pada mulanya Najwa mengkonfirmasi pernyataan yang sebelumnya dilontarkan oleh Prabowo soal politik uang. Pada saat menyampaikan orasi di acara Milad 11 Pondok Pesantren Ora Aji, Sleman pada Jumat (8/9) lalu Prabowo mengatakan agar masyarakat menerima jika ada yang bagi-bagi uang menjelang pemilu, tetapi pilihan tetap sesuai dari hati nurani.

Saat ditanya ulang oleh Najwa Prabowo kembali melontarkan hal yang sama. "Kalau ada yang membagi-bagi uang, terima saja. Itu juga uang dari rakyat kok. Kalau dibagi terima saja, tapi ikuti hatimu, Pilih yang kau yakin di hatimu akan berbuat terbaik untuk bangsa dan anak-anak," ungkap Prabowo.

Menurut Prabowo pernyataan itu ia lontarkan berkaca pada fenomena yang memang sering terjadi saat ini. Menteri Pertahanan itu menyampaikan menjelang pemilihan umum di Indonesia banyak orang menghalalkan segala cara. Salah satunya adalah dengan membagi-bagi uang.

Prabowo menilai praktik bagi-bagi uang menjadi hal yang jamak terjadi. Karena itu menurut Prabowo merupakan hal biasa kalau ada yang membagi uang dan masyarakat boeh mengambilnya.

Meski begitu Prabowo menegaskan bahwa ia sama sekali tak mewajarkan politik uang. Ia juga menekankan hal tersebut sama dengan menyogok.

“Sama sekali tidak. Maksud saya adalah tidak boleh ada politik uang, tapi kenyataannya kan orang menghalalkan segala cara akan melakukan itu. Kalau dia mau bagi-bagi uang, terima aja. Tapi jangan ikuti. Berarti nanti akan patah sendiri, lama-lama nggak mau dibagi lagi. Itu maksud saya,” ujar Prabowo mengklarifikasi pernyataannya. 

Sementara itu, menurut Prabowo apabila rakyat Indonesia sulit dalam kebutuhan ekonomi, sebaiknya pemberian yang sudah diberi diterima saja. Meski begitu ia menekankan untuk memilih pemimpin sesuai dengan hati nurani dan tidak terpengaruh dengan uang yang sudah diterima. 

“Sebaiknya jangan diterima, tapi kalau banyak rakyat kita yang sangat sulit hidupnya, ya terima. Yang penting dia tidak terpengaruh, jangan terpengaruh,” pungkas Prabowo.

Prabowo saat ini menjadi salah satu kandidat kuat calon peserta pilpres 2024. Ia telah mengantongi dukungan dari Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari Geridra, Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Demokrat, dan Gelora untuk maju di pilpres.

Halaman:
Reporter: Nur Hana Putri Nabila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...