Transfer Fiskal Jaga Hutan dan Masyarakat Tanah Papua

Transfer fiskal berbasis ekologis bermanfaat bagi kelestarian hutan dan peningkatan ekonomi masyarakat Tanah Papua.
Image title
Oleh Melati Kristina Andriarsi - Tim Publikasi Katadata
28 Oktober 2021, 11:40

Transfer fiskal berbasis ekologis diberikan berdasarkan kinerja pengelolaan hutan dan lingkungan, termasuk di Tanah Papua. Adapun skema dari transfer fiskal tersebut terdiri dari Transfer Anggaran Nasional Berbasis Ekologi (TANE), Transfer Anggaran Provinsi Berbasis Ekologi (TAPE), dan Transfer Anggaran Kabupaten Berbasis Ekologi (TAKE).

Budidaya kakao merupakan salah satu program TAKE yang berhasil diterapkan di Kabupaten Jayapura, Papua. Keberhasilan tersebut tak lepas dari kolaborasi multipihak antara organisasi masyarakat sipil dan pemerintah setempat. Adapun pihak yang terlibat salah satunya adalah The Asia Foundation (TAF) dan Perkumpulan Terbatas untuk Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat Adat (PT PPMA) dalam melatih budidaya kakao.

Sementara Perusahaan Inkubator Perkumpulan Usaha Kecil (PUPUK) berperan dalam menyambungkan petani dengan pembeli. Sedangkan Pemerintah Kabupaten Jayapura berkontribusi dalam memberi insentif ke desa dan masyarakat. Pemerintah Desa juga turut andil dalam menggerakan ekonomi dan menjaga lingkungan.

Adanya transfer fiskal tersebut bermanfaat dalam memperkenalkan budidaya kakao, mendukung pelestarian hutan, mendorong peningkatan nilai tambah, dan meningkatkan perekonomian desa.  

Inisiatif pembangunan rendah karbon dilakukan pada bidang-bidang prioritas, terutama dalam hal tata guna lahan hutan dan gambut.

Di sejumlah daerah, berbagai inisiatif kolaborasi telah dijalankan dan menunjukkan bahwa kelestarian lingkungan bisa dicapai dengan tetap memperhatikan kesejahteraan warga.

Laporan lengkap dapat diunduh melalui tautan ini

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.