Mengapa Perbankan Indonesia Diminati Investor?

Image title
Oleh - Tim Redaksi Katadata
15 Mei 2013, 00:00
207.jpg
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Dok. KATADATA

KATADATA ? DBS Group Holdings Ltd memutuskan untuk memperpanjang batas akhir perjanjian pembelian saham PT Bank Danamon Indonesia Tbk dari 2 April hingga 2 Juni 2013. Bank asal Singapura ini tetap mengajukan minat untuk mengakuisisi Bank Danamon kendati harus menunggu lebih dari setahun.

Minat tinggi DBS terhadap Danamon, kendati harus menunggu kepastian dari Bank Indonesia, menunjukkan perbankan Indonesia sangat menarik bagi investor atau pelaku industri perbankan dari mancanegara. Tidak hanya Danamon, sejumlah bank lokal lainnya juga diminati oleh investor, seperti Bank Ina Perdana, Bank Mestika Dharma, dan Bank Maspion.

Ada sejumlah alasan mengapa bank-bank di Indonesia menarik bagi investor asing.

Pertama, perbankan Indonesia merupakan bank-bank yang paling menguntungkan di dunia. Itu terlihat dari tingkat pengembalian atas ekuitas atau return on equity (ROE). PT Bank Rakyat Indonesia yang mampu meraih tingkat pengembalian atas ekuitas sebesar 34 persen pada 2012 merupakan bank dengan ROE tertinggi.

Ini bahkan berbeda dengan bank-bank dari negara maju, seperti Deutsche Bank AG, Barclays Plc dan UBS AG yang justru menurunkan target ROE karena harus mengurangi aktiva tertimbang menurut risiko untuk memenuhi persyaratan permodalan yang tinggi.

ROE Perbankan Indonesia versus Perbankan Negara Lain

Menurut catatan McKinsey & Co pada laporan Oktober tahun lalu, tingkat pengembalian modal perbankan global telah merosot menjadi 7,6 persen pada 2011 dibandingkan 8,4 persen pada tahun sebelumnya. Bank-bank asal Amerika Serikat, rata-rata mampu meraih ROE sebesar 7 persen, sedangkan bank-bank dari Eropa hanya mampu mencapai 5 persen ROE.

Bila mengacu pada data Bloomberg, rata-rata marjin bunga bersih bank-bank besar di Indonesia juga tergolong tinggi, yakni mencapai 7 persen. Ini merupakan yang tertinggi bila di antara 20 negara dengan volume perekonomian terbesar di dunia.

ROE dan Pertumbuhan Aset Bank-Bank di Indonesia

Halaman:
Reporter: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...