Izin Terbit, Vaksin Sinovac Bisa Dipakai Warga Usia 3-17 Tahun

Cahya Puteri Abdi Rabbi
7 Juni 2021, 09:01
Vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech telah disetujui untuk penggunaan darurat di Tiongkok pada orang berusia antara 3 sampai 17 Tahun.
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Petugas kesehatan memasukan vaksin COVID-19 ke jarum untuk disuntikkan kepada pemuka agama saat vaksinasi COVID-19 massal dosis pertama di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (23/3/2021).

Vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech telah disetujui untuk penggunaan darurat di Tiongkok pada orang berusia antara 3 sampai 17 Tahun. Hal ini disampaikan oleh Kepala Perusahaan Sinovac Biotech, Yin Weidong pada Jumat (4/6).

Dilansir dari Reuters, gerakan vaksinasi massal di Tiongkok saat ini hanya bisa diikuti oleh warga yang berusia 18 tahun ke atas. Hingga 3 Juni 2021, Tiongkok telah menyuntikkan 723,5 juta dosis ke penduduk.

Advertisement

Mengenai waktu vaksin Sinovac akan diberikan bagi kelompok usia yang lebih muda, Yin Weidong mengatakan, bahwa keputusan itu berada di tangan otoritas kesehatan yang merumuskan strategi vaksinasi di Tiongkok.

Yin mengatakan, anak di bawah umur berada pada prioritas lebih rendah untuk divaksin virus corona dibandingkan dengan orang tua, yang menghadapi risiko lebih tinggi mengalami gejala parah setelah terpapar corona.

"Hasil awal dari uji klinis Tahap I dan II menunjukkan vaksin Sinovac dapat memicu respons imun pada peserta berusia tiga hingga 17 tahun, dan sebagian besar efek samping terlihat ringan" kata Yin dalam wawancara langsung kepada TV pemerintah, dikutip dari Reuters, Jumat (4/6).

Sementara itu, Sinopharm, perusahaan farmasi yang didukung negara dan menggunakan dua dosis melalui teknologi serupa dengan produk Sinovac, juga mengirimkan data untuk mendapatkan izin penggunaan pada kelompok orang berusia lebih muda.


Vaksin buatan CanSino Biologics, yang menggunakan teknik berbeda, telah memasuki uji coba Tahap II dengan melibatkan orang-orang yang berusia dari enam hingga 17 tahun. Yin mengatakan, Sinovac juga telah menyelesaikan uji klinis Fase II. Peserta disuntik dengan dosis penguat ketiga setelah menyelesaikan dua suntikan dosis reguler.

“Para peserta mengalami kenaikan tingkat antibodi 10 kali lipat dibandingkan dengan tingkat sebelumnya dalam seminggu, serta 20 kali lipat dalam setengah bulan,” kata Yin.

Yin memperingatkan bahwa sebelum dapat membuat rekomendasi kepada pihak berwenang tentang kapan dosis ketiga harus diberikan, Sinovac masih perlu menyelesaikan pengamatan jangka panjang pada rentang waktu antibodi.

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Lavinda

Konten cek fakta ini kerja sama Katadata dengan Google News Initiative untuk memerangi hoaks dan misinformasi vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia.

google news initiative x katadata

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement