Atasi Covid, Bantuan Insentif Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dipangkas

Cahya Puteri Abdi Rabbi
6 Oktober 2021, 08:40
Pariwisata, Ekonomi Kreatif.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Fadjar Hutomo selaku Deputi Akses Permodalan BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif Indonesia) mmeberikan sambutan dalam acara Kolaborasi antara Viu dan BEKRAF di Gedung BUMN, Jalan Merdeka, Jakarta Pusat (25/2).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memangkas besaran dana bantuan insentif pemerintah (BIP) kategori Jaringan Pengaman Usaha (JPU) sebesar Rp 10 juta.

Selain itu, Kemenparekraf juga membatalkan program BIP kategori reguler tahun 2021 untuk dialihkan ke program pemulihan dan penanganan Covid-19.

Hal tersebut merujuk pada Surat Menteri Keuangan Nomor S-584/MK.02/2021 tanggal 6 Juli 2021 perihal Refocusing dan Realokasi Belanja Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran 2021, serta Nota Dinas Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf Nomor B/KU.00.07/975/S/2021 tentang Refocusing dan Realokasi Belanja TA 2021 pada 12 Juli 2021.

Kebijakan juga merujuk Surat Nomor B/KU.00.07/1001/S/2021 Perihal Refocusing dan Realokasi Belanja TA 2021 Tahap IV, di mana dilakukan perubahan fokus untuk penghematan anggaran.

“Untuk BIP JPU, calon penerimanya telah terpilih dan diumumkan, tetap akan dilaksanakan, walaupun dengan adanya pengurangan nilai besaran bantuan yang tadinya sebesar Rp20 juta menjadi Rp10 juta per penerima," kata Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Fadjar Hutomo dalam siaran pers, Selasa (5/10).

Fadjar menyampaikan permohonan maaf kepada para peserta yang telah berpartisipasi dan menyampaikan pengajuan proposalnya dalam program BIP Kategori Reguler Tahun 2021.

Ia memahami bahwa pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang mengikuti program BIP Kategori Reguler telah bersemangat dan mempersiapkan dokumen persyaratan serta proposal sebagai syarat seleksi. Namun, kondisi saat ini memaksa dilakukannya perubahan fokus anggaran.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...