Merah Putih Tak Berkibar di Thomas Cup 2020, Ini Komentar Mantan Atlet

Lavinda
Oleh Lavinda
18 Oktober 2021, 01:49
Thomas Cup, Bendera Merah Putih
bwfmedia/twitter
Tunggal putera Indonesia Jonatan Christie mengalahkan andalan Cina Li Shi Feng sekaligus memastikan Indonesia memenangi Thomas Cup untuk ke-14 kalinya.

Mantan pebulu tangkis nasional menyayangkan bendera Merah Putih tidak dikibarkan ketika tim bulu tangkis Indonesia menjuarai Piala Thomas atau Thomas Cup 2020, di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10).

Tim Indonesia merebut Piala Thomas dengan mengalahkan Tiongkok 3-0 pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark. Namun, bendera Merah Putih tidak dapat dikibarkan bersamaan dengan berkumandangnya lagu Indonesia Raya karena terkena sanksi WADA (Badan Antidoping Dunia). Sebagai gantinya, bendera PBSI yang dikibarkan.

"Ironis, pada saat merayakan kemenangan Thomas Cup, Merah Putih tidak bisa berkibar, memalukan," ujar mantan pemain ganda putra nasional Candra Wijaya dikutip dari Antara, Minggu (17/10).

Candra Wijaya berpasangan dengan  Tony Gunawan merupakan pemain yang ikut menjuarai Piala Thomas pada 2002, terakhir kali Indonesia memenangi kejuaraan dunia beregu putra tersebut. Keduanya juga menjadi juara Olimpiade Sydney 2000.

Hal senada juga disampaikan juara Olimpiade Athena 2004, Taufik Hidayat. Ia menyayangkan Bendera Merah Putih tidak bisa dikibarkannya di Ceres Arena, Denmark, tadi malam. Dia mengatakan bendera kebangsaan biasanya dikibarkan di luar negeri hanya saat kedatangan presiden atau ada atlet yang juara. 

"Sangat disayangkan, rasanya seperti makan kurang garam. Biasanya kan Merah Putih dikibarkan bersamaan dengan lagu Indonesia Raya," kata Taufik.

Kendati demikian, Taufik memuji para atlet dan ofisial tidak terpengaruh oleh kondisi tersebut dan tetap fokus bertanding.

"Saya yakin mereka sudah tahu kondisi ini, tetapi bagus mereka tidak terpengaruh. Biar masalah ini negara yang mikirin," ujar Taufik.

Maka itu, Taufik yang juga menjadi anggota tim saat Indonesia juara Piala Thomas 19 tahun lalu itu berharap pemerintah segera menyelesaikan masalah sanksi WADA tersebut.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...